Rencana Bisnis Fotokopi 1A D3 AN Games (Business Plan)
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum,
Puji dan syukur Kami panjatkan kepada
Allah SWT, atas limpahan rahmat dan barokah-Nya lah kepada kita sekalian
sehingga Kami dapat menyelesaikan laporan bisnis plan mengenai “usaha foto copy
dan rental pengetikan”.
Laporan bisnis plan ini Kami susun
dengan usaha semaksimal mungkin dan
dengan upaya yang optimal, tujuan utama pembuatan laporan bisnis plan ini untuk
mengikuti perlombaan bisnis plan serta untuk menambah pengetahuan dan minat
berwirausaha kami guna menghadapi persaingan dimasa kini yang makin ketat.
Kami menyadari bahwa pembuatan laporan
bisnis plan ini masih banyak kekurangan serta kami berharap agar sekiranya
pembaca dapat memberikan koreksi terhadap kekeliruan dalam laporan bisnis plan
ini agar dapat lebih bermanfaat dimasa yang akan datang, serta tak kala penting
kami menghaturkan banyak terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam
pembuatan laporan bisnis plan ini.
Wassalamualaikum,
Makassar, 1 April 2016
TIM BISNIS PLAN 1A-D3
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................... 1
DAFTAR ISI ................................................................................................... 2
BAB I PENGANTAR
A.
Tujuan Usaha .......................................................................... 4
B. Jenis Operasi Bisnis ................................................................ 4
C. Pasar yang akan dilayani ....................................................... 4
D. Produk atau jasa yang disediakan
........................................ 5
E. Alasan calon pelanggan memilih menggunakan produk
usaha ini ................................................................................... 5
F.
Alasan keyakinan bahwa bagian pasar yang kami tuju
akan mau menjadi pelanggan ............................................... 5
G. Bentuk badan hukum ............................................................. 5
H. Lokasi ....................................................................................... 6
I.
Pengelola .................................................................................. 6
J.
Visi dan Misi
............................................................................ 6
BAB II RENCANA FUNGSIONAL
A.
Rencana Pemasaran ............................................................... 8
1.
Analisis SWOT ..................................................................... 8
2.
Analisis 4P ............................................................................
9
3.
Analisis 3P ............................................................................ 10
B.
Rencana operasi jasa .............................................................. 12
1.
Proses operasi jasa ............................................................... 12
2.
Pemasok bahan baku dan SDM yang dibutuhkan ........... 12
3.
Peralatan yang digunakan .................................................. 12
4.
Alasan pemilihan lokasi ...................................................... 12
5.
Pengendalian mutu
.............................................................. 13
6.
Pengendalian
limbah dan lingkungan
.............................. 13
C.
Struktur dan SDM .................................................................. 13
D.
Keuangan ................................................................................. 14
1.
Rencana keuangan ............................................................... 14
2.
Sumber Permodal ................................................................ 15
3.
Analisis Break EvenPoint .................................................... 15
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
.............................................................................. 17
B.
Saran ........................................................................................ 17
DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................
18
BAB I
PENGANTAR
A.
Tujuan
usaha:
1.
Membertikan
kemudahan kepada mahasiswa dalam kegiatan pencetakan dan perfotokopian.
2.
Mendapatkan profit usaha yang
realistis/ wajar sesuai dengan besarnya modal dan tingkat besarnya usaha/kerja
yang kami lakukan. Menerapkan konsep wirausaha dalam melakukan usaha
bisnis fotocopy.
3.
Usaha jasa fotocopy yang kami buat dapat
diterima oleh konsumen khususnya dari orang-orang sekitar yaitu pelajar,
mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
4.
Menambah pengalaman dalam membuat rencana
bisnis, proses pembuatan, cara memasarkan, dan pengelolaan keuntungan yang
diperoleh dari hasil penjualan.
5.
Terciptanya usaha yang mendatangkan keuntungan
bagi mahasiswa, dan juga memberi peluang / kesempatan kerja bagi masyarakat
luas serta dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang dunia
usaha.
B.
Jenis
operasi bisnis:
Usaha yang kami dirikan bergerak dalam bidang penyedia
jasa.
C. Pasar yang dilayani:
Kelangan
pelajar, para mahasiswa yang ingin mengetik tugas akhir/penelitian, serta
masyarakat umum yang membutuhkan jasa advertising.
D.
Produk
yang disediakan
Jasa:
print, ketikan, jilid, foto copy. :kertas
hvs, berbagai jenis pulpen, pinsi, spidol, buku tulis& gambar, tipX,
penghapus kertas dan ppn tulis, paket pralatan ujian komputer, rautan,
dll.(menyesuaikan)
E.
Mengapa
pelanggan memilih produk kami
Harga
yang kami tawarkan relatif lebih rendah dengan herga pada tempat lain yang
menyediakan barang/jasa yang ditawarkan oleh usaha sejenis, serta kami selalu
menjaga hubungan baik terhadap pelanggan dengan memperikan pelayanan yang prima(senantiasa
konsisten, jujur, serta tanggung jawab) dan senantiasa ramah terhadap para
pelanngan agar menjadi suatu image tersendiri bagi usaha kami dan kami akan
selalu meng up grade usaha kami agar dapat memberikan kepusan bagi para
pelanngan dan akan menarik calon pelanggan.
F.
Mengapa
kami yakin bagian pasar akan yang kami
tuju mau menjadi pelanggan kami
Karena kami
telah berusaha dengan memberikan harga yang relatif lebih murah dibandingkan
dengan usaha yang menyediakan produk dan jasa sejenis serta kami memeilih
lokasi yang dekat terhadap salah satu purguruan tinggi di kota makassar yang
kami asumsikan akan memberikan advantage bagi kami kareana memiliki lokoasi usaha yang strategis.
G.
Bentuk
badan hukum:
Usaha yang
kami dirikan berbentuk Persekutuan firma.karena
Prosedur
pendirian relatif mudah, sadar pembagian yang jelas, kebutuhan modal terpenuhi,
resiko kerugian di tanggung bersama, kemempuan pengembagan usaha terjamin.
H.
Lokasi:
Komp. Ruko Mancongloe, Maros (dekat
kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang).
I.
Siapa saja yang akan mengelola:
J.
Visi dan Misi perusahaan:
Visi:
Memberi
kemudahan kepada konsumen dan memperoleh keuntungan yang yang maksimal dengan
cara-cara yang wajar.
Misi:
-
Mendapatkan
pelanggan tetap yang diasumsiakn akan
bertransaksi secara periodik.
-
Memperoleh
penigkatan laba penjualan secara berkala.
-
Mengoptimalkan
kepuasa pelanggan semaksimal mungkin agar terus mendapat tempat tersendiri bagi
pelanggan.
-
Selelu
mengupayakan adanya difersiasi jasa dengan usaha lain sebagai salah satu daya
tarik terhadap pelanggan dan calon pelanggan
-
Memberikan
bonous berupa discount terhadap transaksi dengan nilai tertentu sebagai usaha
mempertahankan dan menarik pelanggan.
BAB II
RENCANA
FUNGSIONAL
A.
Rencana
Pemasaran
1. Analisis SWOT
Bisnis fotocopy sekarang ini jika
kita melihat pangsa pasar yang setiap harinya sangat membutuhkan mesin fotocopy
atau jasa fotocopy. Dalam bisnis ini sudah layak dilakukan sebab sistem
internal yang dimiliki seperti: lokasi, modal, SDM, dan sarana dan prasarana
sudah bisa tercukupi secare efektif dan efisien. Jika melihat sisi eksternal
bisnis ini juga layak dilakukan karena pangsa pasar yang jelas dan lokasi yang
cukup strategis. Penentuan ketentuan yang diperoleh untuk mencapai BEP antara
total pengeluaran dan total pendapatan sangat cepat dicapai. Untuk pengambilan
keputusan mengenai kelayakan bisnis perlu mengambil analisis SWOT (Strength,
Weakness, Opportunity, dan Threats), adapun analisisnya adalah sebagai berikut:
a)
Strength (Kekuatan)
1)
Sumber daya manusia yang
unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
2)
Kemampuan dalam tataran
konsep dan praktek.
3)
Hasil fotocopy yang bagus
karena mesin baru dan terawat.
4)
Kemampuan melakukan
pengembangan usaha karena dari unit usaha ini akan mampu menyediakan kebutuhan
dan keinginan yang lain.
5)
Memiliki
relasi bisnis fotocopy yang banyak.
b)
Weakness (Kelemahan)
1) Pengelola masih berstatus mahasiswa, memungkinkan fungsi kontrol yang
kurang baik.
2)
Jam kerja
harus menyesuaikan dengan waktu perkuliahan.
3)
Sulitnya
koordinasi antara pemilik usaha dengan pengelola usaha.
c)
Opportunity
(Peluang)
1)
Kecenderungan
mahasiswa memfotocopy materi kuliah daripada membeli buku.
2)
Dekat
dengan pangsa pasar dan aktivitas administrasi.
3)
Mampu
mengerjakan pekerjaan dalam partai besar karena pengelola memiliki akses yang
banyak.
d)
Threats
(Tantangan)
1)
Mengalami
kesulitan dalam perkembangan usaha, karena usaha baru berada pada fase
perintis.
2)
Tingginya biaya operasional ketika usaha baru
mulai berdiri.
3) Belum memahami karakter konsumen.
4) Kurangnya modal
2.
Analisis 4P
a.
Product (Produk)
Produk dalam usaha ini adalah
jasa. Jasa yang usaha kami tawarkan adalah jasa pengetikan dan fotocopy dan
ditambah dengan penyediaan barang berupa alat-alat tulis dan berbagai jasa
pendukung seperti laminating dan jilid.
b.
Price (Harga)
Harga merupakan hal yang sensitif
dalam usaha ini. Harga yang kami tetapkan tidak boleh terlalu mahal namun juga
harus memperhatikan keuntungan yang akan kami dapatkan agar usaha ini dapat
berlangsung terus-menerus. Kami juga berusaha agar harga yang kami tetapkan
dapat terjangkau di kalangan konsumen kami terutama kalangan mahasiswa.
c.
Place (tempat)
Lokasi adalah salah satu faktor
penting yang menentukan perkembangan usaha ini. Pemilihan lokasi untuk usaha
kami ini harus strategis. Maka dari itu ruko yang berada di dekat kampus 2
Politeknik Negeri Ujung Pandang menjadi sasaran kami dalam memulai usaha ini.
d.
Promotion (Promosi)
Promosi merupakan salah satu hal
penting dalam mengenalkan usaha dan menambah omset kami. Maka dari itu media
promosi yang akan kami gunakan yaitu melalui selebaran dan pengumuman di mading kampus 2 Politeknik
Negeri Ujung Pandang serta dari mulut ke mulut. Kami juga akan memasang papan
nama atau banner yang jelas dan terlihat yang akan mengurangi konsumen yang
lewat karena tidak mengetahui keberadaan usaha kami.
3.
Analisis 3P
a)
People
Karyawan
merupakan unsur penting dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan kepada konsumen.
Pelayanan kepada konsumen merupakan salah satu ukuran untuk melihat apakah
usaha fotokopi kami memiliki pelayanan yang prima. Kinerja karyawan (kami) yang
berhubungan langsung dengan konsumen antara lain keramahan dan konsistensi
serta pengetahuan kami mengenai tata kelola dokumen yang sesuai dengan aturan
dan standar yang ada.
b)
Proses
Usaha fotokopi merupakan usaha yang tidak hanya menjual produk tetapi
juga menjual jasa. Oleh karena itu, pelayanan dari karyawan sangatlah penting
bagi kelangsungan usaha kami. Usaha ini berupaya untuk mengutamakan proses yang
baik.
Strategi usaha yang diterapkan adalah kecepatan dalam melayani pelanggan
dan proses transaksi keuangan yang kami lakukan secara teliti dan cepat. Usaha
ini berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi konsumen yaitu
dengan memberikan senyuman dan selalu ramah dengan konsumen. Dalam melayani
konsumen seluruh karyawan senantiasa menerapkan budaya antri dan keadilan,
mendahulukan yang seharusnya didahulukan tanpa melihat seberapa besar
keuntungan finansial yang didapatkan dari tiap-tiap konsumen (besar kuantitas
pekerjaan).
c. Physical Evidence (Bukti Fisik)
Kelengkapan
peralatan operasional akan diutamakan perusahaan demikelancaraan usaha. Selain
itu, perusahaan akan menyediakan beberapa kursi / tempat duduk. Kursi ini
disediakan untuk kenyamanan konsumen yang datang ketika menunggu jasa yang
sedang dikerjakan.
B.
Rencana
Operasi Jasa
1. Proses
Operasi Jasa
Proses operasi perusahaan
meliputi rencana penjualan, rencana persediaan produk, penjadwalan pegawai dan
penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan dan pemesanan serta
senan tiasa melakukan pembelajaran peningkatan keahlian pengetikan.
2.
Kebutuhan
Bahan Operasi
Kebutuhan bahan operasi
fotocopy dikelola oleh pimpinan mengenai kebutuhan bahan operasi yang meliputi
pendanaan, jumlah produk, dan kegiatan pemasaran.
3.
Kegiatan
Perawatan Mesin
Mesin fotocopy ,PC , dan
printer yang digunakan mempunyai
umur ekonomis selama empat tahun. Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan
tenaga ahli mesin sesuai dengan mesin-mesin yang kami gunakan. Misalnya
perawatan mesin copy, perawatan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan
dengan menggunakan tenaga ahli dari mitra kerja kami serta
melakukan petotrksi virus terhadap PC kami, dan perawatan printer secara
berkala.
4. Alasan
Pemilihan Lokasi
Kami memilih lokasi komp.Ruko Moncongloe,Maros
kareana berada pada jalan poros menuju kamp.2 PNUP yang kami asumsikan benyak
mahasisiwa nantinya yang akan membutuhkan jasa fotocopy, pengetikan, dan print,
serta masyarakat sekitar, dan kalangan pelajar yang lewat pada jalan tersebut
yang ada lokasi SMAN 21 Makssar yang berjarak sekitar 1KM.
5. Pengendalian Mutu
Kami selalu konsisten dalam menjaga
kualitas jasa kami dengan senantiasa konsisten terhadap komitmen kami terhadap
pelanggan, dan juga senantiasa menjaga kinerja kami dalaqm melakukan usaha
kami, serta menjaga kepercayaan konsumen dengan bekerja secara evektif dan
efisen, yang terpenting adalah keramahan, tanggung jawab, dan jujur.
6. Pengendalian Limbah
Limbah yang dihasilkan dari uasaha jasa
kami adalah limbah jenis organik sehinggan dapat teruari dengan cepat tanpa
menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan. Kareana kertas cukup kami timbun
dalam tanah. Terhadap barang nonorganik seperti limbah plastik yang ada kami
melakukan pendaur ulangan sederhana terhadap
barang platik teresebut.
C.
Struktur
dan SDM
Siapa saja yang
akan mengolah:
Sumber Daya Manusia:
Sumber daya manusia yang kami gunakan
pada usaha kami adalah berasal dari pihak kami sendiri sehingga kami menerapkan
sistem shif(bergiliran) dalam menjalamkan usaha kami tanpa merasa terbebani dan
penghasilannya pun reltif fleksibel sehingga tidak ada sistem besaran gaji yang
kami tentukan, besaran gaji/pendapatan sesuai dengan besarnya keuntungan yang
kami dapatkan dan dibagi sesuai dengan besar saham kami masing masing
D.
Keuangan
1. Rencana
Keuangan
Dana awal
yang diperlukan dalam pendirian usaha :
a. Sewa ruko Rp25.000.000
b. Mesin
fotokopi Canon Digital IR 5000/60000(bekas) Rp15.000.000
c. PC Lenovo All in One (2
@4.000.000) Rp 8.000.000
d. Printer
Epson (2 @ Rp1.500.000) Rp 3.000.000
e. Mesin
laminating Rp
1.000.000
f. Etalase
bekas Rp 500.000
g. Alat tulis
kantor Rp
5.000.000
h. Meja dan
kursi Rp 300.000
i.
Alat pemotong kertas Rp 300.000
j.
Sarana dan prasarana penunjang lainnya Rp 2.500.000
k. Modal kerja
awal Rp 500.000
Jumlah
Keseluruhan Rp61.100.000
2. Sumber
Pendanaan / Modal
Dana
pendiran usaha diperoleh dari gabunan modal yang kami yang miliki dengan
pembagian sebesar
Fachrul
Akbar Sarja 40%
Renny
Anggyani 30%
Nur Aisyah 30%
3. Analisis Break
Even Point
a)
Perkiraan dihitung melalui perkiraan rata-rata
penghasilan bersih perbulan:
Pendapatan
Pencetakan :
30 hari x 500
lembar x Rp 500 =
Rp 7.500.000,-
Pendapatan
Fotokopi :
30 hari x 700
lembar x Rp 150 =
Rp 3.150.000,-
Pendapatan
Jasa laminating dan jilid
30 hari x
20 x Rp 4.000 = Rp 2.400.000,-
Penjualan
ATK = Rp 2.500.000,-
Total Pendapatan / Bulan = Rp13.150.000,-
b)
Biaya yang dikeluarkan selama satu bulan:
Penghitungan penggunaan kertas:
30 hari x 500lbr) +((30 hari x 700lbr)
= 36.000 lbr = 54 rim)
Tinta 54 rim x 2500/kg = Rp 135.000,-
Kertas 54
rim X Rp 29.000,- = Rp
1.566.000,-
Biaya
pokok ATK = Rp 1.150.000,-
Biaya
jilid dan laminating =
Rp 1.000.000,-
Listrik selama
1 bulan = Rp 270.000,-
Tenaga
Kerja (3 @700.000) = Rp 2.100.000,-
Pengeluaran Lain-lain = Rp 200.000,-
Total pengeluaran / bulan (Rp
6.721.000,-)
Laba bersih/bulan = Rp 6.429.000,-
BEP =
Biaya Investasi : Laba bersih
= Rp 61.100.000 : Rp 6.429.000
= 9.5 bulan
Jadi Break
Event Point terjadi pada bulan ke 10
BAB III
Penutup
KESIMPULAN
Dari hasil analisis beberapa
faktor, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil yang baik dan dapat
dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam
usaha fotocopy pada masa yang akan datang. Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan
akan fotocopy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan
masyarakat dalam meminimalisasi biaya.
SARAN
Dalam menjalankan usaha fotocopy,
yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas hasil
fotocopy yang baik, menjaga stabilitas stock kertas serta mencari segmen yang
tepat. juga menentukan dalam harga pasar, dan yang tak kalah penting adalah
menjaga kualitas pelayanan terhadap konsumen.
DAFTAR
PUSTAKA
·
wirabisnis.com
·
http://mesinfotocopy.biz/break-event-point-usaha-fotocopy.html
Komentar
Posting Komentar