Rencana Bisnis Fotokopi 1A D3 AN Games (Business Plan)



KATA PENGANTAR

Assalamualaikum,
Puji dan syukur Kami panjatkan kepada Allah SWT, atas limpahan rahmat dan barokah-Nya lah kepada kita sekalian sehingga Kami dapat menyelesaikan laporan bisnis plan mengenai “usaha foto copy dan rental pengetikan”.

 
Laporan bisnis plan ini Kami susun dengan usaha  semaksimal mungkin dan dengan upaya yang optimal, tujuan utama pembuatan laporan bisnis plan ini untuk mengikuti perlombaan bisnis plan serta untuk menambah pengetahuan dan minat berwirausaha kami guna menghadapi persaingan dimasa kini yang makin ketat.
Kami menyadari bahwa pembuatan laporan bisnis plan ini masih banyak kekurangan serta kami berharap agar sekiranya pembaca dapat memberikan koreksi terhadap kekeliruan dalam laporan bisnis plan ini agar dapat lebih bermanfaat dimasa yang akan datang, serta tak kala penting kami menghaturkan banyak terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam pembuatan laporan bisnis plan ini.
Wassalamualaikum,
                                                                             Makassar, 1 April 2016

TIM BISNIS PLAN 1A-D3





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ....................................................................................        1
DAFTAR ISI ...................................................................................................   2
BAB    I     PENGANTAR
A.    Tujuan Usaha ..........................................................................   4
B.     Jenis Operasi Bisnis ................................................................   4
C.    Pasar yang akan dilayani .......................................................   4
D.    Produk atau jasa yang disediakan ........................................   5
E.     Alasan calon pelanggan memilih menggunakan produk
usaha ini ...................................................................................   5
F.     Alasan keyakinan bahwa bagian pasar yang kami tuju
 akan mau menjadi pelanggan ...............................................   5
G.    Bentuk badan hukum .............................................................   5
H.    Lokasi .......................................................................................   6
I.       Pengelola ..................................................................................   6
J.      Visi dan Misi ............................................................................   6
BAB    II   RENCANA FUNGSIONAL
A.    Rencana Pemasaran ...............................................................   8
1.      Analisis SWOT .....................................................................   8
2.      Analisis 4P ............................................................................   9
3.      Analisis 3P ............................................................................   10
B.     Rencana operasi jasa ..............................................................   12
1.      Proses operasi jasa ...............................................................   12
2.      Pemasok bahan baku dan SDM yang dibutuhkan ...........   12
3.      Peralatan yang digunakan ..................................................   12
4.      Alasan pemilihan lokasi ......................................................    12
5.      Pengendalian mutu ..............................................................   13
6.      Pengendalian  limbah dan lingkungan ..............................    13
C.    Struktur dan SDM ..................................................................   13
D.    Keuangan .................................................................................  14
1.      Rencana keuangan ...............................................................  14
2.      Sumber Permodal ................................................................   15
3.      Analisis Break EvenPoint ....................................................   15
BAB    III  PENUTUP
A.    Kesimpulan ..............................................................................   17
B.     Saran ........................................................................................   17
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 18






BAB I
PENGANTAR
A.    Tujuan usaha:
1.      Membertikan kemudahan kepada mahasiswa dalam kegiatan pencetakan dan perfotokopian.
2.      Mendapatkan profit usaha yang realistis/ wajar sesuai dengan besarnya modal dan tingkat besarnya usaha/kerja yang kami lakukan. Menerapkan konsep wirausaha dalam melakukan usaha bisnis fotocopy.
3.      Usaha jasa fotocopy yang kami buat dapat diterima oleh konsumen khususnya dari orang-orang sekitar yaitu pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
4.      Menambah pengalaman dalam membuat rencana bisnis, proses pembuatan, cara memasarkan, dan pengelolaan keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan.
5.      Terciptanya usaha yang mendatangkan keuntungan bagi mahasiswa, dan juga memberi peluang / kesempatan kerja bagi masyarakat luas serta dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang dunia usaha.
B.     Jenis operasi bisnis:
Usaha yang kami dirikan bergerak dalam bidang penyedia jasa.
C.     Pasar yang dilayani:
Kelangan pelajar, para mahasiswa yang ingin mengetik tugas akhir/penelitian, serta masyarakat umum yang membutuhkan jasa advertising.


D.    Produk yang disediakan
Jasa: print, ketikan, jilid, foto copy.  :kertas hvs, berbagai jenis pulpen, pinsi, spidol, buku tulis& gambar, tipX, penghapus kertas dan ppn tulis, paket pralatan ujian komputer, rautan, dll.(menyesuaikan)
E.     Mengapa pelanggan memilih produk kami
Harga yang kami tawarkan relatif lebih rendah dengan herga pada tempat lain yang menyediakan barang/jasa yang ditawarkan oleh usaha sejenis, serta kami selalu menjaga hubungan baik terhadap pelanggan dengan memperikan pelayanan yang prima(senantiasa konsisten, jujur, serta tanggung jawab) dan senantiasa ramah terhadap para pelanngan agar menjadi suatu image tersendiri bagi usaha kami dan kami akan selalu meng up grade usaha kami agar dapat memberikan kepusan bagi para pelanngan dan akan menarik calon pelanggan.
F.     Mengapa kami yakin bagian pasar akan yang kami  tuju mau menjadi pelanggan kami
Karena kami telah berusaha dengan memberikan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan usaha yang menyediakan produk dan jasa sejenis serta kami memeilih lokasi yang dekat terhadap salah satu purguruan tinggi di kota makassar yang kami asumsikan akan memberikan advantage bagi kami kareana memiliki  lokoasi usaha yang strategis.
G.    Bentuk badan hukum:
Usaha yang kami dirikan berbentuk Persekutuan firma.karena
Prosedur pendirian relatif mudah, sadar pembagian yang jelas, kebutuhan modal terpenuhi, resiko kerugian di tanggung bersama, kemempuan pengembagan usaha terjamin.



H.    Lokasi:
Komp. Ruko Mancongloe, Maros (dekat kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang).
I.       Siapa saja yang akan mengelola:
                    







J.      Visi dan Misi perusahaan:
Visi:
Memberi kemudahan kepada konsumen dan memperoleh keuntungan yang yang maksimal dengan cara-cara yang wajar.
Misi:
-          Mendapatkan pelanggan tetap  yang diasumsiakn akan bertransaksi secara periodik.
-          Memperoleh penigkatan laba penjualan secara berkala.
-          Mengoptimalkan kepuasa pelanggan semaksimal mungkin agar terus mendapat tempat tersendiri bagi pelanggan.
-          Selelu mengupayakan adanya difersiasi jasa dengan usaha lain sebagai salah satu daya tarik terhadap pelanggan dan calon pelanggan
-          Memberikan bonous berupa discount terhadap transaksi dengan nilai tertentu sebagai usaha mempertahankan dan menarik pelanggan.



BAB II
RENCANA FUNGSIONAL
A.    Rencana Pemasaran
1.      Analisis SWOT
            Bisnis fotocopy sekarang ini jika kita melihat pangsa pasar yang setiap harinya sangat membutuhkan mesin fotocopy atau jasa fotocopy. Dalam bisnis ini sudah layak dilakukan sebab sistem internal yang dimiliki seperti: lokasi, modal, SDM, dan sarana dan prasarana sudah bisa tercukupi secare efektif dan efisien. Jika melihat sisi eksternal bisnis ini juga layak dilakukan karena pangsa pasar yang jelas dan lokasi yang cukup strategis. Penentuan ketentuan yang diperoleh untuk mencapai BEP antara total pengeluaran dan total pendapatan sangat cepat dicapai. Untuk pengambilan keputusan mengenai kelayakan bisnis perlu mengambil analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats), adapun analisisnya adalah sebagai berikut:
a)      Strength (Kekuatan)
1)      Sumber daya manusia yang unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
2)      Kemampuan dalam tataran konsep dan praktek.
3)      Hasil fotocopy yang bagus karena mesin baru dan terawat.
4)      Kemampuan melakukan pengembangan usaha karena dari unit usaha ini akan mampu menyediakan kebutuhan dan keinginan yang lain.
5)      Memiliki relasi bisnis fotocopy yang banyak.
b)      Weakness (Kelemahan)
1)      Pengelola masih berstatus mahasiswa, memungkinkan fungsi kontrol yang kurang baik.
2)      Jam kerja harus menyesuaikan dengan waktu perkuliahan.
3)      Sulitnya koordinasi antara pemilik usaha dengan pengelola usaha.
c)      Opportunity (Peluang)
1)      Kecenderungan mahasiswa memfotocopy materi kuliah daripada membeli buku.
2)      Dekat dengan pangsa pasar dan aktivitas administrasi.
3)      Mampu mengerjakan pekerjaan dalam partai besar karena pengelola memiliki akses yang banyak.
d)     Threats (Tantangan)
1)      Mengalami kesulitan dalam perkembangan usaha, karena usaha baru berada pada fase perintis.
2)       Tingginya biaya operasional ketika usaha baru mulai berdiri.
3)       Belum memahami karakter konsumen.
4)       Kurangnya modal
2.      Analisis 4P
a.       Product (Produk)
Produk dalam usaha ini adalah jasa. Jasa yang usaha kami tawarkan adalah jasa pengetikan dan fotocopy dan ditambah dengan penyediaan barang berupa alat-alat tulis dan berbagai jasa pendukung seperti laminating dan jilid.
b.      Price (Harga)
Harga merupakan hal yang sensitif dalam usaha ini. Harga yang kami tetapkan tidak boleh terlalu mahal namun juga harus memperhatikan keuntungan yang akan kami dapatkan agar usaha ini dapat berlangsung terus-menerus. Kami juga berusaha agar harga yang kami tetapkan dapat terjangkau di kalangan konsumen kami terutama kalangan mahasiswa.
c.       Place (tempat)
Lokasi adalah salah satu faktor penting yang menentukan perkembangan usaha ini. Pemilihan lokasi untuk usaha kami ini harus strategis. Maka dari itu ruko yang berada di dekat kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang menjadi sasaran kami dalam memulai usaha ini.
d.      Promotion (Promosi)
Promosi merupakan salah satu hal penting dalam mengenalkan usaha dan menambah omset kami. Maka dari itu media promosi yang akan kami gunakan yaitu melalui selebaran dan  pengumuman di mading kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang serta dari mulut ke mulut. Kami juga akan memasang papan nama atau banner yang jelas dan terlihat yang akan mengurangi konsumen yang lewat karena tidak mengetahui keberadaan usaha kami.
3.      Analisis 3P
a)      People
Karyawan merupakan unsur penting dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan kepada konsumen. Pelayanan kepada konsumen merupakan salah satu ukuran untuk melihat apakah usaha fotokopi kami memiliki pelayanan yang prima. Kinerja karyawan (kami) yang berhubungan langsung dengan konsumen antara lain keramahan dan konsistensi serta pengetahuan kami mengenai tata kelola dokumen yang sesuai dengan aturan dan standar yang ada.
b)      Proses
Usaha fotokopi merupakan usaha yang tidak hanya menjual produk tetapi juga menjual jasa. Oleh karena itu, pelayanan dari karyawan sangatlah penting bagi kelangsungan usaha kami. Usaha ini berupaya untuk mengutamakan proses yang baik.
Strategi usaha yang diterapkan adalah kecepatan dalam melayani pelanggan dan proses transaksi keuangan yang kami lakukan secara teliti dan cepat. Usaha ini berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi konsumen yaitu dengan memberikan senyuman dan selalu ramah dengan konsumen. Dalam melayani konsumen seluruh karyawan senantiasa menerapkan budaya antri dan keadilan, mendahulukan yang seharusnya didahulukan tanpa melihat seberapa besar keuntungan finansial yang didapatkan dari tiap-tiap konsumen (besar kuantitas pekerjaan).
c.   Physical Evidence (Bukti Fisik)
Kelengkapan peralatan operasional akan diutamakan perusahaan demikelancaraan usaha. Selain itu, perusahaan akan menyediakan beberapa kursi / tempat duduk. Kursi ini disediakan untuk kenyamanan konsumen yang datang ketika menunggu jasa yang sedang dikerjakan.



B.     Rencana Operasi Jasa
1.      Proses Operasi Jasa
Proses operasi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencana persediaan produk, penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan dan pemesanan serta senan tiasa melakukan pembelajaran peningkatan keahlian pengetikan.
2.      Kebutuhan Bahan Operasi
Kebutuhan bahan operasi fotocopy dikelola oleh pimpinan mengenai kebutuhan bahan operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk, dan kegiatan pemasaran.
3.      Kegiatan Perawatan Mesin
Mesin fotocopy ,PC , dan printer yang digunakan mempunyai umur ekonomis selama empat tahun. Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli mesin sesuai dengan mesin-mesin yang kami gunakan. Misalnya perawatan mesin copy, perawatan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan tenaga ahli dari mitra kerja kami serta melakukan petotrksi virus terhadap PC kami, dan perawatan printer secara berkala.
4.      Alasan Pemilihan Lokasi
Kami memilih lokasi komp.Ruko Moncongloe,Maros kareana berada pada jalan poros menuju kamp.2 PNUP yang kami asumsikan benyak mahasisiwa nantinya yang akan membutuhkan jasa fotocopy, pengetikan, dan print, serta masyarakat sekitar, dan kalangan pelajar yang lewat pada jalan tersebut yang ada lokasi SMAN 21 Makssar yang berjarak sekitar 1KM.
5.      Pengendalian Mutu
Kami selalu konsisten dalam menjaga kualitas jasa kami dengan senantiasa konsisten terhadap komitmen kami terhadap pelanggan, dan juga senantiasa menjaga kinerja kami dalaqm melakukan usaha kami, serta menjaga kepercayaan konsumen dengan bekerja secara evektif dan efisen, yang terpenting adalah keramahan, tanggung jawab, dan jujur.
6.      Pengendalian Limbah
Limbah yang dihasilkan dari uasaha jasa kami adalah limbah jenis organik sehinggan dapat teruari dengan cepat tanpa menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan. Kareana kertas cukup kami timbun dalam tanah. Terhadap barang nonorganik seperti limbah plastik yang ada kami melakukan pendaur ulangan sederhana  terhadap barang platik teresebut.
C.    Struktur dan SDM
Siapa saja yang akan mengolah:



Sumber Daya Manusia:
Sumber daya manusia yang kami gunakan pada usaha kami adalah berasal dari pihak kami sendiri sehingga kami menerapkan sistem shif(bergiliran) dalam menjalamkan usaha kami tanpa merasa terbebani dan penghasilannya pun reltif fleksibel sehingga tidak ada sistem besaran gaji yang kami tentukan, besaran gaji/pendapatan sesuai dengan besarnya keuntungan yang kami dapatkan dan dibagi sesuai dengan besar saham kami masing masing
D.    Keuangan
1.      Rencana Keuangan
Dana awal yang diperlukan dalam pendirian usaha :
a.    Sewa ruko                                                                           Rp25.000.000
b.   Mesin fotokopi Canon Digital  IR 5000/60000(bekas)      Rp15.000.000
c.    PC Lenovo All in One (2 @4.000.000)                             Rp  8.000.000
d.   Printer Epson (2 @ Rp1.500.000)                                      Rp  3.000.000
e.    Mesin laminating                                                                Rp 1.000.000


f.       Etalase bekas                                                                     Rp    500.000
g.      Alat tulis kantor                                                                Rp 5.000.000
h.      Meja dan kursi                                                                  Rp    300.000
i.        Alat pemotong kertas                                                        Rp    300.000
j.        Sarana dan prasarana penunjang lainnya                          Rp 2.500.000
k.      Modal kerja awal                                                               Rp    500.000
Jumlah Keseluruhan                                                            Rp61.100.000
2.      Sumber Pendanaan / Modal
Dana pendiran usaha diperoleh dari gabunan modal yang kami yang miliki dengan pembagian sebesar
Fachrul Akbar Sarja                            40%
Renny Anggyani                                 30%
Nur Aisyah                                          30%
3.      Analisis Break Even Point
a)      Perkiraan dihitung melalui perkiraan rata-rata penghasilan bersih perbulan:
Pendapatan Pencetakan :
30 hari x 500 lembar  x Rp 500        =  Rp 7.500.000,-
Pendapatan Fotokopi :
30 hari x 700 lembar  x Rp 150        =  Rp 3.150.000,-
Pendapatan Jasa laminating dan jilid
30 hari x 20 x Rp 4.000                         =  Rp 2.400.000,-
Penjualan ATK                              =  Rp 2.500.000,-
Total Pendapatan / Bulan                                        = Rp13.150.000,-







b)      Biaya yang dikeluarkan selama satu bulan:
Penghitungan penggunaan kertas:
30 hari x 500lbr) +((30 hari x 700lbr)
= 36.000 lbr = 54 rim)
Tinta  54 rim x 2500/kg                          =  Rp   135.000,-
Kertas 54 rim X Rp 29.000,-                 =  Rp 1.566.000,-
Biaya pokok ATK                                  =  Rp 1.150.000,-
Biaya jilid dan laminating                      = Rp  1.000.000,-
Listrik selama 1 bulan                            =  Rp   270.000,-
Tenaga Kerja (3 @700.000)              =  Rp 2.100.000,-
Pengeluaran Lain-lain                            =  Rp   200.000,-
Total pengeluaran / bulan                                              (Rp 6.721.000,-)
Laba bersih/bulan                                                        =  Rp 6.429.000,-
BEP = Biaya Investasi : Laba bersih
         = Rp 61.100.000 : Rp 6.429.000
         = 9.5 bulan
Jadi Break Event Point terjadi pada bulan ke 10







BAB III
Penutup
KESIMPULAN
Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha fotocopy pada masa yang akan datang. Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan fotocopy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan masyarakat dalam meminimalisasi biaya.
SARAN
Dalam menjalankan usaha fotocopy, yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas hasil fotocopy yang baik, menjaga stabilitas stock kertas serta mencari segmen yang tepat. juga menentukan dalam harga pasar, dan yang tak kalah penting adalah menjaga kualitas pelayanan terhadap konsumen.








DAFTAR PUSTAKA
·         wirabisnis.com
·         http://mesinfotocopy.biz/break-event-point-usaha-fotocopy.html

Komentar

Postingan Populer