Bauran Pemasaran (4P) pada Bank BNI
SEJARAH RINGKAS BANK BNI
"Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat,
bangsa dan Negara Republik Indonesia, selama 66 tahun usia BNI sejak didirikan
pertama kali pada tanggal 5 Juli 1946, BNI terus tumbuh dan berkembang bersama
Negeri, mengawal pembangunan di berbagai sektor industri, sesuai dengan tagline
BNI Melayani Negeri, Kebanggaan Bangsa"
Berdiri sejak 1946, BNI yang dahulu dikenal sebagai Bank Negara Indonesia,
merupakan bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.
Bank Negara Indonesia mulai mengedarkan alat
pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia, yakni ORI atau
Oeang Republik Indonesia, pada malam menjelang tanggal 30 Oktober 1946, hanya
beberapa bulan sejak pembentukannya. Hingga kini, tanggal tersebut diperingati
sebagai Hari Keuangan Nasional, sementara hari pendiriannya yang jatuh pada
tanggal 5 Juli ditetapkan sebagai Hari Bank Nasional.
Menyusul penunjukan De Javsche Bank yang merupakan warisan dari Pemerintah Belanda sebagai Bank Sentral pada tahun 1949, Pemerintah membatasi peranan Bank Negara Indonesia sebagai bank sirkulasi atau bank sentral. Bank Negara Indonesia lalu ditetapkan sebagai bank pembangunan, dan kemudian diberikan hak untuk bertindak sebagai bank devisa, dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri.
Sehubungan dengan penambahan modal pada tahun 1955, status Bank Negara Indonesia diubah menjadi bank komersial milik pemerintah. Perubahan ini melandasi pelayanan yang lebih baik dan tuas bagi sektor usaha nasional.
Sejalan dengan keputusan penggunaan tahun pendirian sebagai bagian dari identitas perusahaan, nama Bank Negara Indonesia 1946 resmi digunakan mulai akhir tahun 1968. Perubahan ini menjadikan Bank Negara Indonesia lebih dikenal sebagai 'BNI 46'. Penggunaan nama panggilan yang lebih mudah diingat - 'Bank BNI' - ditetapkan bersamaan dengan perubahaan identitas perusahaan tahun 1988.
Tahun 1992, status hukum dan nama BNI berubah menjadi PT Bank Negara Indonesia (Persero), sementara keputusan untuk menjadi perusahaan publik diwujudkan melalui penawaran saham perdana di pasar modal pada tahun 1996.
Kemampuan
BNI untuk beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan lingkungan,
sosial-budaya serta teknologi dicerminkan melalui penyempurnaan identitas
perusahaan yang berkelanjutan dari masa ke masa. Hal ini juga menegaskan
dedikasi dan komitmen BNI terhadap perbaikan kualitas kinerja secara
terus-menerus.
Pada tahun 2004, identitas perusahaan yang diperbaharui mulai digunakan untuk menggambarkan prospek masa depan yang lebih baik, setelah keberhasilan mengarungi masa-masa yang sulit. Sebutan 'Bank BNI' dipersingkat menjadi 'BNI', sedangkan tahun pendirian - '46' - digunakan dalam logo perusahaan untuk meneguhkan kebanggaan sebagai bank nasional pertama yang lahir pada era Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pada
akhir tahun 2012, Pemerintah Republik Indonesia memegang 60% saham BNI,
sementara sisanya 40% dimiliki oleh pemegang saham publik baik individu maupun
institusi, domestik dan asing.
Saat ini, BNI adalah bank terbesar ke-4 di Indonesia berdasarkan total aset, total kredit maupun total dana pihak ketiga. BNI menawarkan layanan jasa keuangan terpadu kepada nasabah, didukung oleh perusahaan anak: Bank BNI Syariah, BNI Multi Finance, BNI Securities dan BNI Life Insurance.
Saat ini, BNI adalah bank terbesar ke-4 di Indonesia berdasarkan total aset, total kredit maupun total dana pihak ketiga. BNI menawarkan layanan jasa keuangan terpadu kepada nasabah, didukung oleh perusahaan anak: Bank BNI Syariah, BNI Multi Finance, BNI Securities dan BNI Life Insurance.
Pada akhir tahun 2012, BNI memiliki total asset sebesar Rp333,3 triliun dan mempekerjakan lebih dari 24.861 karyawan.
Berangkat dari semangat perjuangan yang berakar pada sejarahnya, BNI bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi negeri, serta senantiasa menjadi kebanggaan negara.
A.
PRODUCT
1.
Karakterisitik
Jika dilihat dari
karakteristiknya, produk yang ditawarkan Bank BNI adalah produk JASA,
dimana produk BNI tidak memiliki wujud serta tidak terpisahkan dengan
penyedianya.
2.
Klasifikasi
Jenis produk yang ditawarkan adalah produk konsumen dan produk
perusahaan/industri.
3.
Jenis
Produk
Jenis produk
yang disediakan BNI berupa :
a.
Penyimpanan
Dana, berupa :
§ BNI Taplus
BNI Taplus merupakan produk tabungan
umum bank BNI. Seperti namanya Taplus (Tabungan Plus) memberikan layanan
PLUS dengan berbagai macam fitur dan manfaat seperti suku bunga progresif,
setoran dan penarikan secara online di kantor BNI, ATM dan CDM, tersedianya
fasilitas kartu debit, kartu ATM, SMS Banking, Internet Banking dan lain
sebagainya.
§ BNI Taplus
Bisnis
Tabungan BNI Taplus Bisnis
merupakan tabungan yang diperuntukan bagi pelaku usaha maupun bukan pelaku
usaha, baik perorangan maupun non perorangan, yang dilengkapi dengan fitur dan
fasilitas yang memberikan kemudahan dan fleksibiitas dalam mendukung transaksi
bisnis.
§ BNI Taplus
Muda
Tabungan jenis ini dikhususkan bagi kaum muda
dengan usia mulai dari 15 sampai dengan 25 tahun. Tabungan ini mensyaratkan
jumlah setoran awal yang lebih ringan dan biaya administrasi bulanan lebih
rendah sesuai dengan sasaran jenis tabungan ini yang menyasar anak-anak
generasi muda.
§ BNI Tappa
Tabungan
ini dikhususkan untuk Pegawai atau Anggota di suatu Perusahaan, Lembaga,
Asosiasi atau Organisasi Profesi yang menjalin kerjasama dengan BNI yang
berfungsi sebagai sarana tabungan serta sekaligus sebagai kartu identitas
Pegawai atau Anggota.
Sama dengan BNI Taplus Mahasiswa,
tabungan ini hanya bisa dibuka oleh pegawai yang perusahaan, lembaga. asosiasi
atau organisasinya telah bekerjasama dengan bank BNI. Jika perusahaan, lembaga,
asosiasi atau organisasi agan sista tidak bekerjasama dengan BNI, maka agan
sista tidak akan bisa membuka tabungan jenis ini.
§ BNI Tapma
Tabungan
ini dikhususkan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan
BNI yang berfungsi untuk menampung keperluan pembayaran SPP dan lain
sebagainya. Bagi mahasiswa yang perguruan tingginya tidak melakukan kerjasama
dengan bank BNI, maka tidak akan dapat melakukan pembukan rekening tabungan
jenis ini.
Beberapa Universitas yang
bekerjasama dengan BNI tersebut diantaranya Universitas Pendidikan Indonesia
(UPI), Universitas Islam Bandung (UNISBA), Universitas Telkom dan lain
sebagainya.
§ BNI Haji
Merupakan tabungan yang dikhususkan bagi
calon nasabah yang ingin menunaikan ibadah haji.
§ BNI
Tapenas
BNI Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa
Depan) adalah simpanan berjangka untuk membantu perencanaan keuangan untuk
mewujudkan tujuan masa depan dengan lebih pasti dan aman.
§ BNI Taplus
Anak
Merupakan tabungan
yang diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun. Tabungan
ini sangat cocok untuk mengajarkan anak-anak untuk gemar menabung karena selain
setoran awalnya ringan, tabungan ini juga mensyaratkan setoran minimal yang
sangat terjangkau oleh anak-anak.
§ BNI
Simpanan Pelajar
BNI
Simpanan Pelajar (Simpel) merupakan tabungan untuk siswa PAUD, TK, SD, SMP,
SMA, Madrasah (MI, MTs, MA) atau sederajat yang diterbitkan secara nasional
oleh bank-bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur
yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya
menabung sejak dini.
Tabungan
ini mensyaratkan setoran awal dan setoran selanjutnya yang sangat ringan,
bahkan lebih ringan dari BNI Taplus Anak. Sangat cocok untuk anak-anak yang
baru belajar menabung di bank.
§ Tabunganku
Jenis tabungan ini adalah bentuk
kerjasama pihak bank dengan pemerintah yang dimulai era Presiden SBY. Tujuan
diadakan rekening ini untuk menumbuhkembangkan masyarakat agar gemar menabung
sehingga meningkatkan kesejahteraan. Produk ini menyasar perorangan secara
umum. Kelebihannya persyaratan buka rekeningnya sangat gampang.
§ BNI Pandai
§ BNI Giro
Produk tabungan BNI jenis ini berperan
sebagai sarana transaksi keuangan yang bisa anda andalkan untuk usaha maupun
untuk keperluan keluarga Anda. BNI Giro memberikan begitu banyak fasilitas yang
menguntungkan dan dapat anda manfaatkan sesuai kebutuhan.
§ BNI Dollar
Tabungan BNI Dollar merupakan simpanan
dalam mata uang asing (USD/ SGD) yang memiliki nilai tukar lebih stabil dan
aman serta memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi.
§ BNI
Deposito
BNI Deposito merupakan salah satu jenis produk yang disediakan bagi calon
nasabaha yang ingin menyimpan uang dalam jangka panjang
dan mendapatkan suku bunga yang tinggi.
§ BNI Duo
Produk tabungan BNI jenis ini menawarkan
jasa simpanan berjangka dengan sistem perhitungan bunga berbunga. Memberikan
fleksibilitas lebih untuk mengganti mata uang simpanan sebelum tiba waktu jatuh
tempo.
§ Simpanan
Pensiun
Layanan
program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan
Indonesia (Persero) Tbk sejak tahun 1994 .
b.
Pinjaman
berupa :
§ BNI Griya
§ BNI Griya Multiguna
§ BNI Fleksi
§ BNI Oto
§ BNI Cerdas
§ BNI Instan
§ BNI Wirausaha
§ BNI Kartu Tunai
c.
Jasa
Lainnya berupa :
§ Kiriman Uang Dalam Negeri (BNI Transfer)
§ Kiriman Uang Internasional
§
Safe
Deposit Box
§
BNI
Voucher Multiguna
§
Inkaso
§ BNI Surat Keterangan Bank
§ Traveller’s Cheque
§ Uang Kertas Asing
d.
Bancassurannce
berupa :
§ In Branch Telemarketing
§ Solusi Abadi Plus
§ B-Life Multi Pro
§ B-Life Cash Pro
§
Prima
Proteksi
§
Pro
Maxima
§
Pro
Medika
§
B-Life
MedPlus
§
Rencana
Pintar
§
Rencana Sehat
e.
Kartu
Kredit
§ Kartu Kredit Silver
§ Kartu Kredit Gold
§ Kartu Kredit Platinum
§ Kartu Kredit Titanium
§ BNI Reward Poin
f.
Kartu
Debit
4.
Fitur
Produk
a.
Selain
berbagai fitur yang disediakan yang hampir sama dengan bank lain, BNI
menyediakan Perisai Plus untuk Kartu Kreditnya, dimana dengan fitur ini
memberikan perlindungan terhadap saldo terhutang Kartu Kredit BNI pelanggannya
pada saat pelanggannya tidak dapat membayar tagihan karena sakit atau
kecelakaan yang menagakibatkan kematian dan cacat, dengan premi perbulannya
hanya sebesar 0.6% dari total saldo terhutang per bulan.
b.
BNI ATM memiliki fitur yang sangat
lengkap, lebih dari 110 fitur, yang meliputi layanan tarik tunai, transfer
antar rekening dan antar bank, pembelian (tiket penerbangan, asuransi, dll.),
pembayaran tagihan (telepon, listrik, air, TV berlangganan, kartu kredit,
angsuran pinjaman, internet, dll), isi ulang (pulsa telepon, setrum listrik,
kartu prepaid, dll.), dan berbagai pembayaran lainnya (premi asuransi, biaya
pendidikan/SPP, pajak/MPN, ZIS, dll). Bahkan Nasabah juga sudah bisa menabung
melalui ATM jenis CDM (Cash Deposit Machine).
5.
Merek
Nama Bank Negara Indonesia 1946 resmi
digunakan mulai akhir tahun 1968. Perubahan ini menjadikan Bank Negara Indonesia lebih dikenal sebagai 'BNI
46'. Penggunaan nama panggilan yang lebih mudah diingat - 'Bank BNI' -
ditetapkan bersamaan dengan perubahaan identitas perusahaan tahun 1988.
Logo Bank BNI
6.
Jenis Bank
Bank BNI merupakan bank konvensional
yang di dirikan sejak 5 Juli 1946.
7. Lebar Bauran
Produk
BNI mempunyai lebar bauran produk yang cukup luas karena
terdapat 4 lini produk yaitu Penyimpanan Dana, Pinjaman, Jasa Lainnya serta
Bancassurance.
8. Panjang Bauran
Produk
Untuk setiap lini produk, terdiri dari berbaagai jenis
produk yang ditawarkan, contohnya saja pada Penyimanan Dana, terdapat 16 produk
yang tersedia bagi nasabahnya, tergantung dari segi kebutuhan dan pelayanan
yang diinginkan.
9. Konsistensi
Bauran Produk
Jika dilihat dari keseluruhan produk yang ditawarkan maka
dapat dilihat bahwa produk yang disedikana BNI mempunyai konsistensi Bauran
Produk yang cukup bagus, dimana setiap produk berhubungan dengan keuangan dan
perbankan.
10.
Prosedur
Sebagai
salah lembaga keuangan milik pemerintah, bank BNI memiliki struktur permodalan
yang kuat, manajemen yang solid dan didukung sumber daya manusia yang
profesional. Syarat membuka rekening BNI pun sangat mudah, bila mengurusnya
maka hari itu juga rekening langsung aktif dan sudah bisa digunakan oleh
nasabah.
Saat di pintu masuk, nasabah
sudah diberikan senyum dan sapa seorang satpam yang dilanjutkan dengan
menanyakan keperluan nasabag
Dengan cekatannya, security berusaha menunutun untuk mengambil
nomor antrian mengarahkan nasabah ke
meja customer service. Saat berada di customer servise, nasabah akan cukup terbantu dengan
pelayanan yang diberikan. Form yang biasanya diisi sendiri oleh
nasabah, ternyata dibantu oleh petugas customer servicenya, sehingga
di depan teller bisa langsung mendapatkan pelayanan. Penampilan yang rapi
dan penggunaan bahasa yang sangat mudah dimengerti, membuat komunikasi nasabah
dan petugas bank bisa berjalan dengan nyaman.
11. Pelayanan
Sebagai
salah satu perbankan terbesar di Indonesia, BNI juga memberikan fasilitas
kemudahan kepada nasabah dengan menghadirkan berbagai layanan perbankan
berbasis digital. Mulai sms
banking dan internet
banking, bahkan baru-baru ini BNI meluncurkan layanan #AskBNI khusus
pengguna twitter dan layanan lainnya yang bertujuan memberikan kepuasan kepada
nasabah. Selain itu, BNI juga menyedikan layanan BNI Call 1500046. Melalui layanan BNI Call, Nasabah bisa melakukan
transaksi BNI Phone Banking seperti transfer, bayar tagihan, isi pulsa
dan lain-lain. Hal ini dilakukan karena BNI mengerti bahwa nasabah membutuhkan
sesuatu lebih cepat dengan layanan yang menyenangkan.
Kecepatan proses penyelesaian
masalah nasabah di BNI tidak menjadikan kualitas kinerja evaluasi lebih rendah.
Budaya kerja dan prinsip kerja yang berorientasi pada pelanggan, serta terus
melakukan perbaikan tiada henti dalam hal pelayanan nasabah, memberikan pelayanan profesional BNI
yang selalu mengerti kebutuhan dan masalah para nasabahnya.
B. PROMOTION
Promosi merupakan cara untuk
mengkomunikasikan produk layanan Bank BNI agar diketahui oleh masyarakat luas.
Bentuk-bentuk promosi yang dilakukan Bank BNI, antara lain:
1.
Pemasangan Iklan
Media yang digunakan untuk mempromosikan
KPR Bank BNI adalah semua lini, baik dari lini atas (TVC, majalah, surat kabar,
radio) dan media lini bawah (brosur, spanduk, dan banner, dan lain – lain).
2. Penjualan personal
Promosi melalui penjualan personal merupakan salah satu cara yang
digunakan dalam mempromosikan Bank BNI. Melalui penjualan personal inilah
produk Bank BNI ditawarkan kepada nasabah. Hubungan baik dengan seseorang yang
telah menjadi nasabah Bank BNI memungkinkan tenaga pemasar untuk
mengkomunikasikan produk-produk Bank BNI. Promosi yang biasa didapatkan adalah
adanya wiraniaga (salesgirl) yang ditempatkan di pusat perbelanjaan untuk
menawarkan produk-produk dari BNI (biasanya kartu kredit).
3. Promosi penjualan
Bank BNI senantiasa melakukan promosi penjualan. Diantaranya:
a.
Tawaran Pengembalian
Uang
b.
Hadiah
c.
Diskon produk tertentu
d.
Bingkisan
e.
Kontes
4. Hubungan Masyarakat
Setiap Perusahaan akan selalu menjaga nama baik perusahaan
dan membina hubungan yang harmonis kepada nasabah dan masyarakat. BNI juga
melakukan beberapa promosi dalam bentuk hubungan masyarakat, diantaranya :
a. Kegiatan Khusus, contohnya jalan bersama BNI
b. Kegiatan Layanan Publik berupa keikutsertaan dalam kegiatan amal, program
BNI Berbagi dan BNI Go Green
c. Melakukan Gathering dengan nasabah guna membina hubungan yang baik dan
harmonis
d. Beasiswa
Pendidikan
Dengan membangun komunikasi,
BNI mengharapkan pesan/image yang
ingin dibangun oleh Manajemen dapat sampai kepada konsumen secara efektif dan
efisien. Dengan demikian, apabila konsumen ingin menggunakan produk-produk
perbankan, maka akan menempatkan
produk-produk BNI dalam daftar utamanya.
C.
PLACE
Saluran
distribusi produk dan jasa Bank, berupa Kantor Cabang, yang secara langsung
menyediakan produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan semakin majunya teknologi,
saluran distribusi juga dapat
dilakukan melalui saluran telekomunikasi seperti telepon dan jaringan internet.
Untuk melayani nasabahnya, BNI mengoperasikan jaringan
layanan yang luas mencakup 1.585 outlet domestik dan 8 cabang luar negeri 8.227 unit ATM
milik sendiri, 42.000 EDC serta fasilitas Internet banking dan SMS banking. BNI
selalu berusaha untuk menjadi bank pilihan yang menyediakan layanan prima dan
solusi bernilai tambah kepada seluruh nasabah.
Kantor Cabang BNI di Luar Negeri:
1.
New
York, menyediakan jasa Money lending activity, Trading Activy dan Remitting
Activity
Alamat :
One Exchange Plaza 55 Broadway New York, NY 10006, USA) Phone : +1 212 943 4760
Fax :+1
212 344 5723.
Web
: www.bankbniny.com
2.
Hong
Kong, menyediakan produk dan jasa berupa Deposit Service, Remittance Services
dan Trade Service
Alamat : G-F Far East Finance Centre 16 Hartcourt road. Hongkong,
Telp : 852 252 299 871 / 852 286 18 600.
Fax : 852
28 6565 00
Web : bnihk.com.
3. Yangon, Myanmar
Alamat : #303, 3rd Floor Sakura Tower, 339,
Bogyoke Aung San Road. Kyauktada Township, Yango, Myanmar.
Phone : +95 9250061049
4. Singapura, menyediakan jasa Remitting
Services, Current Account &fixed deposits, BNI SingPlus, Commercial, BNI
FASTCA$H,Hospital Guarantee, Trade Financing, Treasury Activites, Custodian
Services,
Alamat
: 39 Robinson Rd, Robinson Point #01-01 -01, Singapore . Phone : +65 6225-7755
Fax : +65 6225 4757
Web : www.ptbni.com.sg
5.
London,
menyediakan produk dan jasa berupa Pinjaman, Trade Finance, Trade Facilities,
dan Remittances.
Alamat :
PT BNI Tbk. London
30 King Street
EC2V 8AG United Kingdom
Phone :
+442077764646
Fax :
+442077764699
Web :www.
bankbni.co.uk
6.
Seoul,
Korea Selatan, satu-satunya bank dari Indonesia yang beroperasi di Korea
Selatan dan memegang lisensi sebagai full branch. Menyediakan produk dan jasa
berupa tabungan, Layanan Bank Garansi, Fasilitas dan Layanan Trade Finance
Alamat :
8th Floor, Wise Tower 6-1, 5ga. Namdaemunro, Jung gu Seoul.
Phone : 82
263868 046
Fax :
82 263 8681 15
7.
Tokyo
Alamat :
Kokusai Bldg 1st Floor 3-1-1 Maronouchi Chiyoda-Ku, Tokyo PC 100-0005, Japan.
Phone : +81
2 3214 6565
Fax :
+81 3 3112 6428
Web : www.ptbni.co.jp
8.
Osaka
Alamat : Tatsuno Honmachi Building, 3rd Floor 352. Honmachi, Chuoku Osaka,Japan.
Internet
Banking merupakan layanan perbankan 24 jam yang disediakan Bank BNI untuk mempermudah proses distribusi sehingga
nasabah akan lebih mudah bertransaksi. Dengan menggunakan komputer dan
terkoneksi dengan jaringan internet, nasabah sudah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dengan
mudah, nyaman dan aman.
Internet Banking tidak hanya memberikan kenyamanan namun
juga kemudahan karena menu-menu pada internet banking dapat digunakan tanpa
harus memiliki ketrampilan khusus, serta aman karena internet banking
dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis dan Anda akan dilengkapi dengan
token (alat yang mengeluarkan angka-angka password yang selalu berganti setiap
kali Anda melakukan transaksi keuangan). Layanan Internet Banking memiliki banyak fitur dan
memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan untuk Anda.
D.
PRICE
Pengertian
harga dalam produk dan jasa Bank, berupa kontra prestasi dalam bentuk suku
bunga, baik untuk produk simpanan maupun pinjaman, serta fee untuk
jasa-jasa perbankan.
Tarif / Suku Bunga
Penentuan suku bunga
kredit merupakan masalah yang cukup penting, karena besarnya suku bunga kredit
menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan nasabah untuk bertransaksi di
suatu bank.
Secara umum Bank BNI
memberlakukan sistem single rate, artinya suku bunga pinjaman adalah
sama untuk setiap nasabah. Bank BNI menggunakan model pembebanan suku bunga
floating rate untuk meminimalisasi terjadinya risiko suku bunga, mengingat suku
bunga dana pihak ketiga juga bersifat floating. Bank BNI selalu berusaha untuk
menawarkan suku bunga yang cukup menarik dan mengikuti kondisi pasar.
1.
Suku Bunga Dasar Kredit Per 31 Desember
2016
(% Per Tahun)
Keterangan :
a.
Suku bunga Dasar Kredit (SBDK) ini
belum memperhitungkan komponen premi risiko yang besarnya tergantung dari
peniliain bank terhadap risiko masing-masing debitur, berupa kondisi keuangan
debitur, jangka waktu kredit, prospek usaha yang dibiayai dan lain-lain. Dengan
demikian, besarnya suku bunga kredti yang dikenakan kepada debitur belum tentu
sama dengan SBDK
b.
Dalam Kredit Konsumsi Non KPR tidak
termasuk penyediaan dana melalui kartu kredit dan kredit tanpa agunan.
c.
Informasi SBDK yang berlaku setiap saat
dapat dilihat pada publikasi di setiap kantor cabang BNI dan/atau website BNI
di http://www.bni.co.id
2.
Suku
Bunga Simpanan
No.
|
Jenis
Tabungan
|
Suku
Bunga
|
1.
|
BNI Taplus
|
0.00 %
- 2.00 %
|
2.
|
BNI Taplus Bisnis
|
0.00 %
-2.50 %
|
3.
|
BNI Taplus Muda
|
0.00 %
- 1.25 %
|
4.
|
BNI Tapenas
|
4.00 %
p.a (IDR) , 0.50 % p.a (USD)
|
5.
|
BNI Taplus Anak
|
0.00 %
- 1.50 %
|
6.
|
BNI Simpanan Pelajar
|
0%
|
7.
|
BNI Giro
|
0.00 %
- 2.00 %
|
8.
|
BNI Dollar
|
0.00 %
- 0.50 %
|
9.
|
BNI Deposito
|
4.25 %
- 5.00% , 0.25% -0.50% (Valas)
|
3.
Kiriman
Uang Dalam Negeri
Pengirim
|
Tarif
|
Nasabah
|
Rp 30.000
|
Non Nasabah
|
Rp 50.000
|
Keterangan :
a. Jam pelayanan nasabah untuk transaksi BI-RTGS dibatasi
sampai pukul 15.00 WIB
b. Transaksi RTGS dengan nilai dibawah Rp 100.000.000 tetap
dapat dilakukan sepanjang adanya permintaan dari nasabah.
4.
Kiriman
Uang Luar Negeri
No.
|
Keterangan
|
Term &
Condiiton
|
1.
|
Cover dalam Rupiah
|
Rp 20.000,-
|
2.
|
Cover dalam mata uang yang sama
|
a.
≤ US$ 5.000
: US$ 5
b.
US$ 5.001 s/d US$ 10.000 : US$ 10
c.
US$ 10.001 s/d US$ 100.000 : US$
20
d.
≥ US$ 100.001
: US$ 50
|
5.
Tarif
BNI Internet Banking
Penyesuaian limit, biaya transaksi & jam layanan RTGS
melalui BNI Internet Banking
Keterangan
|
Sebelumnya
|
Berubah menjadi (per 1 juli 2016)
|
Limit Transaksi (minimum)
|
>Rp 500.000.000,-
|
< Rp 100.000.000,-
|
Biaya Transaksi
|
Rp 25.000,-
|
Rp 25.000,-
|
Waktu Layanan
|
06.30 s.d 13.59 WIB
|
06.30 s.d 13.59 WIB
|
*transaksi RTGS yang dilakukan diatas pukul 13.59 WIB
tetap diterima dan akan diproses pada hari kerja berikutnya.
6.
Tarif
BNI SMS Banking
Jenis Transaksi
|
Biaya Transaksi BNI
|
Inquiry Saldo
|
Bebas
|
Cek Histori Transaksi
|
Bebas
|
Transfer Antar Rekening BNI
|
Bebas
|
Inquiry Tagihan Kartu Kredit BNI
|
Bebas
|
Inquiry Tagihan Telkom (Telepon dan Speedy)
|
Bebas
|
Inquiry Tagihan Kartu Halo
|
Bebas
|
Pembayaran Kartu Kredit BNI
|
Bebas
|
Pembayaran Tagihan Telkom (Telepon dan Speedy)
|
Rp 2500
|
Pembayaran Kartu Kredit Bank Lain
|
Bebas
|
Pembayaran Kartu Halo
|
Bebas
|
Isi Ulang Pulsa Tekomsel (Simpati dan AS)
|
Rp 1500
|
7.
Tarif
BNI Phone Banking
No.
|
Jenis
Transaksi
|
Biaya
|
1.
|
Informasi Saldo dan Mutasi Rekening (CSO, IVR, BNI
Mobile)
|
Bebas
|
2.
|
Pemindahbukuan melalui IVR &BNI Mobile
|
Rp 2.000
|
3.
|
Pemindahbukuan melalui CSR < Rp 10 jt
|
Rp 3.000
|
4.
|
Pemindahbukuan melalui CSR > Rp 10 jt
|
Rp 5.000
|
5.
|
Pemindahbukuan melalui CSR ≥ Rp 10 jt
|
Rp 7.500
|
6.
|
Kliring Biasa melalui CSR > Rp 10 jt s/d < Rp 100
jt
|
Rp 10.000
|
7.
|
Kliring RTGS melalui CSR < Rp 500 jt
|
Rp 30.000
|
8.
|
Kliring RTGS CSR = Rp 500 jt
|
Rp 40.000
|
9.
|
Bilpayment Credit Card Bank Lain
|
Rp 7.500
|
10.
|
Billpayment CC Bank Lain ≥Rp 10 jt s/d < Rp 100 jt
|
Rp 10.000
|
11.
|
Billpayment CC Citibank, HCBC,SCB,ANZ,dan GE
|
Bebas
|
8.
Tarif
BNI ATM
No.
|
Keterangan
|
Term &
Condiiton
|
1.
|
Transfer
|
|
.
|
Cover dalam mata uang yang sama
|
Dalam aspek Price, strategi yang
dilakukan BNI adalah menetapkan harga layanan yang bersaing dengan para
kompetitor namun tetap berorientasi laba. Meskipun demikian, harga yang
ditawarkan juga dibarengi dengan kualitas pelayanan yang baik, sehingga
meskipun dari sisi harga berkompetisi dengan bank lain namun BNI menunjukkan kualitas dari sisi pelayanan.
Harga layanan BNI
sama untuk seluruh lokasi cabang di seluruh Indonesia. Dengan demikian BNI
tidak melakukan diskriminasi harga berdasarkan geografis.
Alamat Kantor Cabang Bank BNI di Luar Negeri
Sebagai salah satu bank BUMN
terbesar di Indonesia, bank BNI telah melakukan ekspansi perluasan kantor
cabang di luar negeri. Dengan kehadiran kantor cabang bank BNI di luar
Indoensia diharapkan mampu meningkatkan transaksi dan mempermudah nasabah untuk
melakukan transaksi. Misalnya untuk para pelajar Indonesia di luar negeri,
Tenaga kerja Indonesia ataupun para pelaku bisnis
lainnya.
Salah Satu Kantor Cabang BNI di Hongkong
|
Berikut beberapa informasi kantor
cabang bank BNI yang ada di luar negeri. Sejauh artikel ini diterbitkan telah
terdapat 7 kantor cabang BNI yang berada di luar negeri.
Kantor Cabang BNI Singapore.
Kantor Cabang BNI Singapore.
1.
Alamat
1: 39Robinson Rd, Robinson Point 01/02, Singapore 068911. Telepon 65 6225 7755.
Faximile : 65 6225 4757.
2.
Alamat
2: Lucky Plaza Remittance Orchard, 304 Orchard Road 02/02 Singapura 238863.
Telepon 65 683 815 45.
3.
Alamat
3: City Plaza Remittance Center, 810 Geylang Road, 01-100/101. Singapore 409286
dengan nomer telepon 65 674 519 46. Lebih lengkap mengenai kantor cabang BNI di Singapore bias
dikunjung website : ptbni.com.sg.
Kantor cabang BNI di Amerika. Alamat : One Exchange Plaza no 55,
Broadway NY 10006, New York, Amerika Serikat. Telepon : 1 2129 4347 60.
Faximile : 1 2123 4457 23. Website : bankbniny.com
Kantor Cabang BNI di Inggris. Alamat : 30 King Street, London EC2V 8AG. England. Telepon 44 2077 7646 46. Faximile : 44 2077 7646 99. Alamat website : bankbni.co.uk
Kantor Cabang BNI Hongkong. G-F Far East Finance Centre 16Hartcourt road. Hongkong, Telepon 852 252 299 871 dan 852 286 18 600. Faximile : 852 28 6565 00. Juga bisa dikunjungi melalui website: bnihk.com.
Kantor Cabang BNI di Inggris. Alamat : 30 King Street, London EC2V 8AG. England. Telepon 44 2077 7646 46. Faximile : 44 2077 7646 99. Alamat website : bankbni.co.uk
Kantor Cabang BNI Hongkong. G-F Far East Finance Centre 16Hartcourt road. Hongkong, Telepon 852 252 299 871 dan 852 286 18 600. Faximile : 852 28 6565 00. Juga bisa dikunjungi melalui website: bnihk.com.
8th Floor, Wise Tower 6-1, 5ga.
Namdaemunro, Jung gu Seoul. Telepon 82 263868 046. Faximile 82 263 8681 15.
Kantor Cabang BNI Jepang.
Kantor Cabang BNI Jepang.
1.
Alamat
Kokusai Building, 1st Floor3-1-1, Maronouchi Chiyodaku. Tokyo, Postal Code 100
0005, Jepang. Telepon 81 3321 46565 atau 81 32145621. Faximile : 81 32126428.
Websitenya bisa dikunjungi :ptbni.co.jp
2.
Alamat
2 : Tatsuno Honmachi Building, 3rd Floor 352. Honmachi, Chuoku -
Osaka,Japan.
Kantor Cabang BNI di Korea Selatan. Alamat : 8th Floor, Wise Tower 6-1, 5ga. Namdaemunro, Jung gu Seoul. Telepon 82 263868 046. Faximile 82 263 8681 15.
Kantor Cabang BNI di Myan Mar. ALamat di Yangon, 303, 3rd Floor Sakura Tower 339, Bogyoke, Aung San Road. Kyauktada-Yangon, Myanmar. Telepon : 95 925 006 1049.
. Lokasi
Penentuan lokasi suatu
cabang bank merupakan salah satu kebijakan penting. Bank yang terletak dalam
lokasi yang strategis sangat memudahkan nasabah dalam berurusan dengan bank.
Sebelum Bank BNI memutuskan untuk mendirikan suatu kantor cabang baru maka
terlebih dahulu dilakukan peninjauan ke lokasi tersebut. Lokasi yang dipilih
harus memenuhi kriteria seperti dekat dengan pusat keramaian, akses terjangkau
setelah jam kerja berakhir, tidak berada di daerah rawan, dan lokasi harus
berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan dana.
SIMPULAN
Bank BNI merupakan
bank yang sudah lama berdiri di Indonesia, dan merupakan bank yang memiliki
banyak nasabah. Dalam memberikan pelayanannya, Bank BNI mengoptimalkan segala
aspek dari konsep bauran pemasaran perusahaan jasa, khususnya perbankan. Bauran
pemasaran Bank BNI melibatkan sisi product, price, place, promotion, people,
process, dan physical evidence. Seluruh aplikasi dari bauran pemasaran tersebut
dilaksanakan dengan cara yang terintegrasi dan melibatkan seluruh elemen –
elemen yang ada dalam perbankan tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.bni.co.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Negara_Indonesia
http://sofyanbaehaqie.blogspot.co.id/2015/04/analisis-marketing-mix-7p-pada-bni.html
Sumber Gambar : www.google.com
http://www.kangerik.com/10-jenis-tabungan-bank-bni-saat-ini/
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Terima kasih informasinya sangat membantu sekali
BalasHapussama-sama :)
Hapushttps://jualpartisir8indonesia01.blogspot.com/
BalasHapushttps://id.pinterest.com/partisir8indonesia01/_saved/
https://www.kaskus.co.id/@partisipamer619/viewallposts/?ref=header&med=profile_menu
https://wordpress.com/posts/partisir8indonesia01.wordpress.com
https://www.instagram.com/partisir8indonesia/
https://twitter.com/r8indonesia01
https://www.jualo.com/profile/iklan
https://www.tokopedia.com/salsabilahnur
https://www.youtube.com/channel/UCGxKdi6BLuY9wbCAmXn5-xQ
https://medium.com/me/stories/drafts
https://www.linkedin.com/in/partisi-r8-indonesia-b1b599214/detail/recent-activity/
https://sites.google.com/u/1/new?authuser=1