Bauran Pemasaran (4P) pada Bank BNI


SEJARAH RINGKAS BANK BNI
"Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat, bangsa dan Negara Republik Indonesia, selama 66 tahun usia BNI sejak didirikan pertama kali pada tanggal 5 Juli 1946, BNI terus tumbuh dan berkembang bersama Negeri, mengawal pembangunan di berbagai sektor industri, sesuai dengan tagline BNI Melayani Negeri, Kebanggaan Bangsa"
Berdiri sejak 1946, BNI yang dahulu dikenal sebagai Bank Negara Indonesia, merupakan bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.
Bank Negara Indonesia mulai mengedarkan alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia, yakni ORI atau Oeang Republik Indonesia, pada malam menjelang tanggal 30 Oktober 1946, hanya beberapa bulan sejak pembentukannya. Hingga kini, tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Keuangan Nasional, sementara hari pendiriannya yang jatuh pada tanggal 5 Juli ditetapkan sebagai Hari Bank Nasional.

Menyusul penunjukan 
De Javsche Bank yang merupakan warisan dari Pemerintah Belanda sebagai Bank Sentral pada tahun 1949, Pemerintah membatasi peranan Bank Negara Indonesia sebagai bank sirkulasi atau bank sentral. Bank Negara Indonesia lalu ditetapkan sebagai bank pembangunan, dan kemudian diberikan hak untuk bertindak sebagai bank devisa, dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri.

Sehubungan dengan penambahan modal pada tahun 1955, status Bank Negara Indonesia diubah menjadi bank komersial milik pemerintah. Perubahan ini melandasi pelayanan yang lebih baik dan tuas bagi sektor usaha nasional.

Sejalan dengan keputusan penggunaan tahun pendirian sebagai bagian dari identitas perusahaan, nama Bank Negara Indonesia 1946 resmi digunakan mulai akhir tahun 1968. Perubahan ini menjadikan 
Bank Negara Indonesia lebih dikenal sebagai 'BNI 46'. Penggunaan nama panggilan yang lebih mudah diingat - 'Bank BNI' - ditetapkan bersamaan dengan perubahaan identitas perusahaan tahun 1988.

Tahun 1992, status hukum dan nama BNI berubah menjadi PT Bank Negara Indonesia (Persero), sementara keputusan untuk menjadi perusahaan publik diwujudkan melalui penawaran saham perdana di pasar modal pada tahun 1996.

Kemampuan BNI untuk beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan lingkungan, sosial-budaya serta teknologi dicerminkan melalui penyempurnaan identitas perusahaan yang berkelanjutan dari masa ke masa. Hal ini juga menegaskan dedikasi dan komitmen BNI terhadap perbaikan kualitas kinerja secara terus-menerus.

Pada tahun 2004, identitas perusahaan yang diperbaharui mulai digunakan untuk menggambarkan prospek masa depan yang lebih baik, setelah keberhasilan mengarungi masa-masa yang sulit. Sebutan 'Bank BNI' dipersingkat menjadi 'BNI', sedangkan tahun pendirian - '46' - digunakan dalam logo perusahaan untuk meneguhkan kebanggaan sebagai bank nasional pertama yang lahir pada era Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pada akhir tahun 2012, Pemerintah Republik Indonesia memegang 60% saham BNI, sementara sisanya 40% dimiliki oleh pemegang saham publik baik individu maupun institusi, domestik dan asing.

Saat ini, 
BNI adalah bank terbesar ke-4 di Indonesia berdasarkan total aset, total kredit maupun total dana pihak ketiga. BNI menawarkan layanan jasa keuangan terpadu kepada nasabah, didukung oleh perusahaan anak: Bank BNI Syariah, BNI Multi Finance, BNI Securities dan BNI Life Insurance.

Pada akhir tahun 2012, BNI memiliki total asset sebesar Rp333,3 triliun dan mempekerjakan lebih dari 24.861 karyawan.
Berangkat dari semangat perjuangan yang berakar pada sejarahnya, BNI bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi negeri, serta senantiasa menjadi kebanggaan negara.


A.    PRODUCT
1.      Karakterisitik
Jika dilihat dari  karakteristiknya, produk yang ditawarkan Bank BNI adalah produk JASA, dimana produk BNI tidak memiliki wujud serta tidak terpisahkan dengan penyedianya.
2.      Klasifikasi
Jenis produk yang ditawarkan adalah produk konsumen dan produk perusahaan/industri.
3.      Jenis Produk
Jenis produk yang disediakan BNI berupa :
a.       Penyimpanan Dana, berupa :


§  BNI Taplus
BNI Taplus merupakan produk tabungan umum bank BNI. Seperti namanya Taplus (Tabungan Plus) memberikan layanan PLUS dengan berbagai macam fitur dan manfaat seperti suku bunga progresif, setoran dan penarikan secara online di kantor BNI, ATM dan CDM, tersedianya fasilitas kartu debit, kartu ATM, SMS Banking, Internet Banking dan lain sebagainya.
§  BNI Taplus Bisnis
Tabungan BNI Taplus Bisnis merupakan tabungan yang diperuntukan bagi pelaku usaha maupun bukan pelaku usaha, baik perorangan maupun non perorangan, yang dilengkapi dengan fitur dan fasilitas yang memberikan kemudahan dan fleksibiitas dalam mendukung transaksi bisnis.
§  BNI Taplus Muda
Tabungan jenis ini dikhususkan bagi kaum muda dengan usia mulai dari 15 sampai dengan 25 tahun. Tabungan ini mensyaratkan jumlah setoran awal yang lebih ringan dan biaya administrasi bulanan lebih rendah sesuai dengan sasaran jenis tabungan ini yang menyasar anak-anak generasi muda.

§  BNI Tappa
Tabungan ini dikhususkan untuk Pegawai atau Anggota di suatu Perusahaan, Lembaga, Asosiasi atau Organisasi Profesi yang menjalin kerjasama dengan BNI yang berfungsi sebagai sarana tabungan serta sekaligus sebagai kartu identitas Pegawai atau Anggota.
Sama dengan BNI Taplus Mahasiswa, tabungan ini hanya bisa dibuka oleh pegawai yang perusahaan, lembaga. asosiasi atau organisasinya telah bekerjasama dengan bank BNI. Jika perusahaan, lembaga, asosiasi atau organisasi agan sista tidak bekerjasama dengan BNI, maka agan sista tidak akan bisa membuka tabungan jenis ini.
§  BNI Tapma
Tabungan ini dikhususkan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan BNI yang berfungsi untuk menampung keperluan pembayaran SPP dan lain sebagainya. Bagi mahasiswa yang perguruan tingginya tidak melakukan kerjasama dengan bank BNI, maka tidak akan dapat melakukan pembukan rekening tabungan jenis ini.
Beberapa Universitas yang bekerjasama dengan BNI tersebut diantaranya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Bandung (UNISBA), Universitas Telkom dan lain sebagainya.
§  BNI Haji
Merupakan tabungan yang dikhususkan bagi calon nasabah  yang ingin menunaikan ibadah haji.
§  BNI Tapenas
BNI Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa Depan) adalah simpanan berjangka untuk membantu perencanaan keuangan untuk mewujudkan tujuan masa depan dengan lebih pasti dan aman.
§  BNI Taplus Anak
Merupakan tabungan yang diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun. Tabungan ini sangat cocok untuk mengajarkan anak-anak untuk gemar menabung karena selain setoran awalnya ringan, tabungan ini juga mensyaratkan setoran minimal yang sangat terjangkau oleh anak-anak.
§  BNI Simpanan Pelajar
BNI Simpanan Pelajar (Simpel) merupakan tabungan untuk siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI, MTs, MA) atau sederajat yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.
Tabungan ini mensyaratkan setoran awal dan setoran selanjutnya yang sangat ringan, bahkan lebih ringan dari BNI Taplus Anak. Sangat cocok untuk anak-anak yang baru belajar menabung di bank.
§  Tabunganku
Jenis tabungan ini adalah bentuk kerjasama pihak bank dengan pemerintah yang dimulai era Presiden SBY. Tujuan diadakan rekening ini untuk menumbuhkembangkan masyarakat agar gemar menabung sehingga meningkatkan kesejahteraan. Produk ini menyasar perorangan secara umum. Kelebihannya persyaratan buka rekeningnya sangat gampang.
§  BNI Pandai
§  BNI Giro
Produk tabungan BNI jenis ini berperan sebagai sarana transaksi keuangan yang bisa anda andalkan untuk usaha maupun untuk keperluan keluarga Anda. BNI Giro memberikan begitu banyak fasilitas yang menguntungkan dan dapat anda manfaatkan sesuai kebutuhan.
§  BNI Dollar
Tabungan BNI Dollar merupakan simpanan dalam mata uang asing (USD/ SGD) yang memiliki nilai tukar lebih stabil dan aman serta memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi.
§  BNI Deposito
BNI Deposito merupakan salah satu jenis produk yang disediakan bagi calon nasabaha yang ingin menyimpan uang dalam jangka panjang dan mendapatkan suku bunga yang tinggi.
§  BNI Duo
Produk tabungan BNI jenis ini menawarkan jasa simpanan berjangka dengan sistem perhitungan bunga berbunga. Memberikan fleksibilitas lebih untuk mengganti mata uang simpanan sebelum tiba waktu jatuh tempo.
§  Simpanan Pensiun
Layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan Indonesia (Persero) Tbk sejak tahun 1994 .

b.      Pinjaman berupa :


§  BNI Griya
§  BNI Griya Multiguna
§  BNI Fleksi
§  BNI Oto
§  BNI Cerdas
§  BNI Instan
§  BNI Wirausaha
§  BNI Kartu Tunai


c.       Jasa Lainnya berupa :


§  Kiriman Uang Dalam Negeri (BNI Transfer)
§  Kiriman Uang Internasional
§  Safe Deposit Box
§  BNI Voucher Multiguna
§  Inkaso
§  BNI Surat Keterangan Bank
§  Traveller’s Cheque
§  Uang Kertas Asing



d.      Bancassurannce berupa :


§  In Branch Telemarketing
§  Solusi Abadi Plus
§  B-Life Multi Pro
§  B-Life Cash Pro
§  Prima Proteksi
§  Pro Maxima
§  Pro Medika
§  B-Life MedPlus
§  Rencana Pintar
§  Rencana Sehat


e.       Kartu Kredit


§  Kartu Kredit Silver
§  Kartu Kredit Gold
§  Kartu Kredit Platinum
§  Kartu Kredit Titanium
§  BNI Reward Poin


f.       Kartu Debit
4.      Fitur Produk
a.      Selain berbagai fitur yang disediakan yang hampir sama dengan bank lain, BNI menyediakan Perisai Plus untuk Kartu Kreditnya, dimana dengan fitur ini memberikan perlindungan terhadap saldo terhutang Kartu Kredit BNI pelanggannya pada saat pelanggannya tidak dapat membayar tagihan karena sakit atau kecelakaan yang menagakibatkan kematian dan cacat, dengan premi perbulannya hanya sebesar 0.6% dari total saldo terhutang per bulan.
b.     BNI ATM memiliki fitur yang sangat lengkap, lebih dari 110 fitur, yang meliputi layanan tarik tunai, transfer antar rekening dan antar bank, pembelian (tiket penerbangan, asuransi, dll.), pembayaran tagihan (telepon, listrik, air, TV berlangganan, kartu kredit, angsuran pinjaman, internet, dll), isi ulang (pulsa telepon, setrum listrik, kartu prepaid, dll.), dan berbagai pembayaran lainnya (premi asuransi, biaya pendidikan/SPP, pajak/MPN, ZIS, dll). Bahkan Nasabah juga sudah bisa menabung melalui ATM jenis CDM (Cash Deposit Machine).
5.      Merek
Nama Bank Negara Indonesia 1946 resmi digunakan mulai akhir tahun 1968. Perubahan ini menjadikan Bank Negara Indonesia lebih dikenal sebagai 'BNI 46'. Penggunaan nama panggilan yang lebih mudah diingat - 'Bank BNI' - ditetapkan bersamaan dengan perubahaan identitas perusahaan tahun 1988.
Logo Bank BNI
6.      Jenis Bank
Bank BNI merupakan bank konvensional yang di dirikan sejak 5 Juli 1946.
7.      Lebar Bauran Produk
BNI mempunyai lebar bauran produk yang cukup luas karena terdapat 4 lini produk yaitu Penyimpanan Dana, Pinjaman, Jasa Lainnya serta Bancassurance.
8.      Panjang Bauran Produk
Untuk setiap lini produk, terdiri dari berbaagai jenis produk yang ditawarkan, contohnya saja pada Penyimanan Dana, terdapat 16 produk yang tersedia bagi nasabahnya, tergantung dari segi kebutuhan dan pelayanan yang diinginkan.
9.      Konsistensi Bauran Produk
Jika dilihat dari keseluruhan produk yang ditawarkan maka dapat dilihat bahwa produk yang disedikana BNI mempunyai konsistensi Bauran Produk yang cukup bagus, dimana setiap produk berhubungan dengan keuangan dan perbankan.
10.  Prosedur
Sebagai salah lembaga keuangan milik pemerintah, bank BNI memiliki struktur permodalan yang kuat, manajemen yang solid dan didukung sumber daya manusia yang profesional. Syarat membuka rekening BNI pun sangat mudah, bila mengurusnya maka hari itu juga rekening langsung aktif dan sudah bisa digunakan oleh nasabah.
Saat di pintu masuk, nasabah sudah diberikan senyum dan sapa seorang satpam yang dilanjutkan dengan menanyakan keperluan nasabag Dengan cekatannya,  security berusaha menunutun untuk mengambil nomor antrian mengarahkan nasabah ke meja customer service. Saat berada di customer servise,  nasabah akan cukup terbantu dengan pelayanan yang diberikan. Form yang biasanya diisi sendiri oleh nasabah, ternyata dibantu oleh petugas customer servicenya, sehingga di depan teller bisa langsung mendapatkan pelayanan. Penampilan yang rapi dan penggunaan bahasa yang sangat mudah dimengerti, membuat komunikasi nasabah dan petugas bank bisa berjalan dengan nyaman.
11.  Pelayanan
Sebagai salah satu perbankan terbesar di Indonesia, BNI juga memberikan fasilitas kemudahan kepada nasabah dengan menghadirkan berbagai layanan perbankan berbasis digital. Mulai sms banking dan internet banking, bahkan baru-baru ini BNI meluncurkan layanan #AskBNI khusus pengguna twitter dan layanan lainnya yang bertujuan memberikan kepuasan kepada nasabah. Selain itu, BNI juga menyedikan layanan BNI Call 1500046. Melalui layanan BNI Call, Nasabah bisa melakukan transaksi BNI Phone Banking seperti transfer, bayar tagihan, isi pulsa dan lain-lain. Hal ini dilakukan karena BNI mengerti bahwa nasabah membutuhkan sesuatu lebih cepat dengan layanan yang menyenangkan.
Kecepatan proses penyelesaian masalah nasabah di BNI tidak menjadikan kualitas kinerja evaluasi lebih rendah. Budaya kerja dan prinsip kerja yang berorientasi pada pelanggan, serta terus melakukan perbaikan tiada henti dalam hal pelayanan nasabah, memberikan pelayanan profesional BNI yang selalu mengerti kebutuhan dan masalah para nasabahnya.
B.     PROMOTION
Promosi merupakan cara untuk mengkomunikasikan produk layanan Bank BNI agar diketahui oleh masyarakat luas. Bentuk-bentuk promosi yang dilakukan Bank BNI, antara lain:
1.    Pemasangan Iklan
Media yang digunakan untuk mempromosikan KPR Bank BNI adalah semua lini, baik dari lini atas (TVC, majalah, surat kabar, radio) dan media lini bawah (brosur, spanduk, dan banner, dan lain – lain).



2.    Penjualan personal
Promosi melalui penjualan personal merupakan salah satu cara yang digunakan dalam mempromosikan  Bank BNI. Melalui penjualan personal inilah produk Bank BNI ditawarkan kepada nasabah. Hubungan baik dengan seseorang yang telah menjadi nasabah Bank BNI memungkinkan tenaga pemasar untuk mengkomunikasikan produk-produk Bank BNI. Promosi yang biasa didapatkan adalah adanya wiraniaga (salesgirl) yang ditempatkan di pusat perbelanjaan untuk menawarkan produk-produk dari BNI (biasanya kartu kredit).
3.      Promosi penjualan
Bank BNI senantiasa melakukan promosi penjualan. Diantaranya:
a.       Tawaran Pengembalian Uang

b.      Hadiah






c.       Diskon produk tertentu
d.      Bingkisan
e.       Kontes
4.     Hubungan Masyarakat
Setiap Perusahaan akan selalu menjaga nama baik perusahaan dan membina hubungan yang harmonis kepada nasabah dan masyarakat. BNI juga melakukan beberapa promosi dalam bentuk hubungan masyarakat, diantaranya :
a.       Kegiatan Khusus, contohnya jalan bersama BNI
b.      Kegiatan Layanan Publik berupa keikutsertaan dalam kegiatan amal, program BNI Berbagi dan BNI Go Green
c.       Melakukan Gathering dengan nasabah guna membina hubungan yang baik dan harmonis
d.      Beasiswa Pendidikan
Dengan membangun komunikasi, BNI mengharapkan pesan/image yang ingin dibangun oleh Manajemen dapat sampai kepada konsumen secara efektif dan efisien. Dengan demikian, apabila konsumen ingin menggunakan produk-produk perbankan, maka akan  menempatkan produk-produk BNI dalam daftar utamanya.



C.    PLACE
Saluran distribusi produk dan jasa Bank, berupa Kantor Cabang, yang secara langsung menyediakan produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan semakin majunya teknologi, saluran distribusi juga dapat dilakukan melalui saluran telekomunikasi seperti telepon dan jaringan internet.
Untuk melayani nasabahnya, BNI mengoperasikan jaringan layanan yang luas mencakup 1.585 outlet domestik dan 8 cabang luar negeri 8.227 unit ATM milik sendiri, 42.000 EDC serta fasilitas Internet banking dan SMS banking. BNI selalu berusaha untuk menjadi bank pilihan yang menyediakan layanan prima dan solusi bernilai tambah kepada seluruh nasabah.
Kantor Cabang BNI di Luar Negeri:
1.      New York, menyediakan jasa Money lending activity, Trading Activy dan Remitting Activity
Alamat            : One Exchange Plaza 55 Broadway New York, NY 10006, USA) Phone   : +1 212 943 4760
Fax      :+1 212 344 5723.
Web     : www.bankbniny.com
2.      Hong Kong, menyediakan produk dan jasa berupa Deposit Service, Remittance Services dan Trade Service
Alamat            : G-F Far East Finance Centre 16 Hartcourt road. Hongkong,
Telp     : 852 252 299 871 / 852 286 18 600.
Fax      : 852 28 6565 00
Web     bnihk.com.
3.      Yangon, Myanmar 
Alamat            : #303, 3rd Floor Sakura Tower, 339, Bogyoke Aung San Road. Kyauktada Township, Yango, Myanmar.
Phone  : +95 9250061049
4.      Singapura, menyediakan jasa Remitting Services, Current Account &fixed deposits, BNI SingPlus, Commercial, BNI FASTCA$H,Hospital Guarantee, Trade Financing, Treasury Activites, Custodian Services,
Alamat : 39 Robinson Rd, Robinson Point #01-01 &#06-01, Singapore . Phone      : +65 6225-7755
Fax      : +65 6225 4757
Web     : www.ptbni.com.sg
5.      London, menyediakan produk dan jasa berupa Pinjaman, Trade Finance, Trade Facilities, dan Remittances.
Alamat            : PT BNI Tbk. London
30 King Street
EC2V 8AG United Kingdom
Phone : +442077764646
Fax      : +442077764699
Web     :www. bankbni.co.uk
6.      Seoul, Korea Selatan, satu-satunya bank dari Indonesia yang beroperasi di Korea Selatan dan memegang lisensi sebagai full branch. Menyediakan produk dan jasa berupa tabungan, Layanan Bank Garansi, Fasilitas dan Layanan Trade Finance
Alamat            : 8th Floor, Wise Tower 6-1, 5ga. Namdaemunro, Jung gu Seoul.
Phone  : 82 263868 046
Fax      : 82 263 8681 15
7.      Tokyo
Alamat            : Kokusai Bldg 1st Floor 3-1-1 Maronouchi Chiyoda-Ku, Tokyo PC 100-0005, Japan.
Phone : +81 2 3214 6565
Fax      : +81 3 3112 6428
Web     : www.ptbni.co.jp
8.      Osaka
Alamat : Tatsuno Honmachi Building, 3rd Floor 352. Honmachi, Chuoku       Osaka,Japan. 
Internet Banking merupakan layanan perbankan 24 jam yang disediakan Bank BNI untuk mempermudah proses distribusi sehingga nasabah akan lebih mudah bertransaksi. Dengan menggunakan komputer dan terkoneksi dengan jaringan internet, nasabah sudah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dengan mudah, nyaman dan aman.
Internet Banking tidak hanya memberikan kenyamanan namun juga kemudahan karena menu-menu pada internet banking dapat digunakan tanpa harus memiliki ketrampilan khusus, serta aman karena internet banking dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis dan Anda akan dilengkapi dengan token (alat yang mengeluarkan angka-angka password yang selalu berganti setiap kali Anda melakukan transaksi keuangan). Layanan Internet Banking memiliki banyak fitur dan memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan untuk Anda.
D.    PRICE
Pengertian harga dalam produk dan jasa Bank, berupa kontra prestasi dalam bentuk suku bunga, baik untuk produk simpanan maupun pinjaman, serta fee untuk jasa-jasa perbankan.

Tarif / Suku Bunga
Penentuan suku bunga kredit merupakan masalah yang cukup penting, karena besarnya suku bunga kredit menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan nasabah untuk bertransaksi di suatu bank.
Secara umum Bank BNI memberlakukan sistem single rate, artinya suku bunga pinjaman adalah sama untuk setiap nasabah. Bank BNI menggunakan model pembebanan suku bunga floating rate untuk meminimalisasi terjadinya risiko suku bunga, mengingat suku bunga dana pihak ketiga juga bersifat floating. Bank BNI selalu berusaha untuk menawarkan suku bunga yang cukup menarik dan mengikuti kondisi pasar.


1.      Suku Bunga Dasar Kredit Per 31 Desember 2016
(% Per Tahun)
           Keterangan :
a.       Suku bunga Dasar Kredit (SBDK) ini belum memperhitungkan komponen premi risiko yang besarnya tergantung dari peniliain bank terhadap risiko masing-masing debitur, berupa kondisi keuangan debitur, jangka waktu kredit, prospek usaha yang dibiayai dan lain-lain. Dengan demikian, besarnya suku bunga kredti yang dikenakan kepada debitur belum tentu sama dengan SBDK
b.      Dalam Kredit Konsumsi Non KPR tidak termasuk penyediaan dana melalui kartu kredit dan kredit tanpa agunan.
c.       Informasi SBDK yang berlaku setiap saat dapat dilihat pada publikasi di setiap kantor cabang BNI dan/atau website BNI di http://www.bni.co.id
2.      Suku Bunga Simpanan
No.
Jenis Tabungan
Suku Bunga
1.
BNI Taplus
0.00 % - 2.00 %
2.
BNI Taplus Bisnis
0.00 % -2.50 %
3.
BNI Taplus Muda
0.00 % - 1.25 %
4.
BNI Tapenas
4.00 % p.a (IDR) , 0.50 % p.a (USD)
5.
BNI Taplus Anak
0.00 % - 1.50 %
6.
BNI Simpanan Pelajar
0%
7.
BNI Giro
0.00 % - 2.00 %
8.
BNI Dollar
0.00 % - 0.50 %
9.
BNI Deposito
4.25 % - 5.00% , 0.25% -0.50%  (Valas)


3.      Kiriman Uang Dalam Negeri
Pengirim
Tarif
Nasabah
Rp 30.000
Non Nasabah
Rp 50.000
Keterangan :
a.       Jam pelayanan nasabah untuk transaksi BI-RTGS dibatasi sampai pukul 15.00 WIB
b.      Transaksi RTGS dengan nilai dibawah Rp 100.000.000 tetap dapat dilakukan sepanjang adanya permintaan dari nasabah.
4.      Kiriman Uang Luar Negeri
No.
Keterangan
Term & Condiiton
1.
Cover dalam Rupiah
Rp 20.000,-
2.
Cover dalam mata uang yang sama
a.       ≤ US$ 5.000                          : US$ 5
b.      US$ 5.001 s/d US$ 10.000   : US$ 10
c.       US$ 10.001 s/d US$ 100.000   : US$ 20
d.      ≥ US$ 100.001                       : US$ 50

5.      Tarif BNI Internet Banking
Penyesuaian limit, biaya transaksi & jam layanan RTGS melalui BNI Internet Banking
Keterangan
Sebelumnya
Berubah menjadi (per 1 juli 2016)
Limit Transaksi (minimum)
>Rp 500.000.000,-
< Rp 100.000.000,-
Biaya Transaksi
Rp 25.000,-
Rp 25.000,-
Waktu Layanan
06.30 s.d 13.59 WIB
06.30 s.d 13.59 WIB
*transaksi RTGS yang dilakukan diatas pukul 13.59 WIB tetap diterima dan akan diproses pada hari kerja berikutnya.



6.      Tarif BNI SMS Banking
Jenis Transaksi
Biaya Transaksi BNI
Inquiry Saldo
Bebas
Cek Histori Transaksi
Bebas
Transfer Antar Rekening BNI
Bebas
Inquiry Tagihan Kartu Kredit BNI
Bebas
Inquiry Tagihan Telkom (Telepon dan Speedy)
Bebas
Inquiry Tagihan Kartu Halo
Bebas
Pembayaran Kartu Kredit BNI
Bebas
Pembayaran Tagihan Telkom (Telepon dan Speedy)
Rp 2500
Pembayaran Kartu Kredit Bank Lain
Bebas
Pembayaran Kartu Halo
Bebas
Isi Ulang Pulsa Tekomsel (Simpati dan AS)
Rp 1500

7.      Tarif BNI Phone Banking
No.
Jenis Transaksi
Biaya
1.
Informasi Saldo dan Mutasi Rekening (CSO, IVR, BNI Mobile)
Bebas
2.
Pemindahbukuan melalui IVR &BNI Mobile
Rp   2.000
3.
Pemindahbukuan melalui CSR < Rp 10 jt
Rp   3.000
4.
Pemindahbukuan melalui CSR > Rp 10 jt
Rp   5.000
5.
Pemindahbukuan melalui CSR ≥ Rp 10 jt
Rp   7.500
6.
Kliring Biasa melalui CSR > Rp 10 jt s/d < Rp 100 jt
Rp 10.000
7.
Kliring RTGS melalui CSR < Rp 500 jt
Rp 30.000
8.
Kliring RTGS CSR = Rp 500 jt
Rp 40.000
9.
Bilpayment Credit Card Bank Lain
Rp   7.500
10.
Billpayment CC Bank Lain ≥Rp 10 jt s/d < Rp 100 jt
Rp 10.000
11.
Billpayment CC Citibank, HCBC,SCB,ANZ,dan GE
Bebas

8.      Tarif BNI ATM
No.
Keterangan
Term & Condiiton
1.
Transfer

.
Cover dalam mata uang yang sama


Dalam aspek Price, strategi yang dilakukan BNI adalah menetapkan harga layanan yang bersaing dengan para kompetitor namun tetap berorientasi laba. Meskipun demikian, harga yang ditawarkan juga dibarengi dengan kualitas pelayanan yang baik, sehingga meskipun dari sisi harga berkompetisi dengan bank lain namun BNI  menunjukkan kualitas dari sisi pelayanan.
Harga layanan BNI sama untuk seluruh lokasi cabang di seluruh Indonesia. Dengan demikian BNI tidak melakukan diskriminasi harga berdasarkan geografis.




















Alamat Kantor Cabang Bank BNI di Luar Negeri

Sebagai salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, bank BNI telah melakukan ekspansi perluasan kantor cabang di luar negeri. Dengan kehadiran kantor cabang bank BNI di luar Indoensia diharapkan mampu meningkatkan transaksi dan mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi. Misalnya untuk para pelajar Indonesia di luar negeri, Tenaga kerja Indonesia ataupun para pelaku bisnis lainnya.
Salah Satu Kantor Cabang BNI di Hongkong
Berikut beberapa informasi kantor cabang bank BNI yang ada di luar negeri. Sejauh artikel ini diterbitkan telah terdapat 7 kantor cabang BNI yang berada di luar negeri.

Kantor Cabang BNI Singapore. 
1.                  Alamat 1: 39Robinson Rd, Robinson Point 01/02, Singapore 068911. Telepon 65 6225 7755. Faximile : 65 6225 4757.  
2.                  Alamat 2: Lucky Plaza Remittance Orchard, 304 Orchard Road 02/02 Singapura 238863. Telepon 65 683 815 45. 
3.                  Alamat 3: City Plaza Remittance Center, 810 Geylang Road, 01-100/101. Singapore 409286 dengan nomer telepon 65 674 519 46. Lebih lengkap mengenai kantor cabang BNI di Singapore bias dikunjung website : ptbni.com.sg.
Kantor cabang BNI di Amerika. Alamat : One Exchange Plaza no 55, Broadway NY 10006, New York, Amerika Serikat. Telepon : 1 2129 4347 60. Faximile : 1 2123 4457 23. Website : bankbniny.com

Kantor Cabang BNI di Inggris.
 Alamat : 30 King Street, London EC2V 8AG. England. Telepon 44 2077 7646 46. Faximile : 44 2077 7646 99. Alamat website : bankbni.co.uk

Kantor Cabang BNI Hongkong. G-F Far East Finance Centre 16Hartcourt road. Hongkong, Telepon 852 252 299 871 dan 852 286 18 600. Faximile : 852 28 6565 00. Juga bisa dikunjungi melalui website: bnihk.com.
8th Floor, Wise Tower 6-1, 5ga. Namdaemunro, Jung gu Seoul. Telepon 82 263868 046. Faximile 82 263 8681 15.



Kantor Cabang BNI Jepang.


1.                  Alamat Kokusai Building, 1st Floor3-1-1, Maronouchi Chiyodaku. Tokyo, Postal Code 100 0005, Jepang. Telepon 81 3321 46565 atau 81 32145621. Faximile : 81 32126428.  Websitenya bisa dikunjungi :ptbni.co.jp
2.                  Alamat 2 : Tatsuno Honmachi Building, 3rd Floor 352. Honmachi, Chuoku - Osaka,Japan. 

Kantor Cabang BNI di Korea Selatan. Alamat : 8th Floor, Wise Tower 6-1, 5ga. Namdaemunro, Jung gu Seoul. Telepon 82 263868 046. Faximile 82 263 8681 15.

Kantor Cabang BNI di Myan Mar. ALamat di Yangon, 303, 3rd Floor Sakura Tower 339, Bogyoke, Aung San Road. Kyauktada-Yangon, Myanmar. Telepon : 95 925 006 1049.

. Lokasi
Penentuan lokasi suatu cabang bank merupakan salah satu kebijakan penting. Bank yang terletak dalam lokasi yang strategis sangat memudahkan nasabah dalam berurusan dengan bank. Sebelum Bank BNI memutuskan untuk mendirikan suatu kantor cabang baru maka terlebih dahulu dilakukan peninjauan ke lokasi tersebut. Lokasi yang dipilih harus memenuhi kriteria seperti dekat dengan pusat keramaian, akses terjangkau setelah jam kerja berakhir, tidak berada di daerah rawan, dan lokasi harus berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan dana.

 SIMPULAN
Bank BNI merupakan bank yang sudah lama berdiri di Indonesia, dan merupakan bank yang memiliki banyak nasabah. Dalam memberikan pelayanannya, Bank BNI mengoptimalkan segala aspek dari konsep bauran pemasaran perusahaan jasa, khususnya perbankan. Bauran pemasaran Bank BNI melibatkan sisi product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Seluruh aplikasi dari bauran pemasaran tersebut dilaksanakan dengan cara yang terintegrasi dan melibatkan seluruh elemen – elemen yang ada dalam perbankan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

 http://www.bni.co.id  
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Negara_Indonesia
http://sofyanbaehaqie.blogspot.co.id/2015/04/analisis-marketing-mix-7p-pada-bni.html
Sumber Gambar : www.google.com
http://www.kangerik.com/10-jenis-tabungan-bank-bni-saat-ini/

Komentar

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. https://jualpartisir8indonesia01.blogspot.com/
    https://id.pinterest.com/partisir8indonesia01/_saved/
    https://www.kaskus.co.id/@partisipamer619/viewallposts/?ref=header&med=profile_menu
    https://wordpress.com/posts/partisir8indonesia01.wordpress.com
    https://www.instagram.com/partisir8indonesia/
    https://twitter.com/r8indonesia01
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.tokopedia.com/salsabilahnur
    https://www.youtube.com/channel/UCGxKdi6BLuY9wbCAmXn5-xQ
    https://medium.com/me/stories/drafts
    https://www.linkedin.com/in/partisi-r8-indonesia-b1b599214/detail/recent-activity/
    https://sites.google.com/u/1/new?authuser=1


    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer