Pengertian Kantor
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Bagi
seorang mahasiswa Administrasi Niaga istilah “kantor” merupakan istilah yang
identik dengan jurusan ini sendiri, namun pada kenyataannya masih banyak
mahasiswa yang belum memahami dengan jelas istilah dari kantor itu sendiri. Di
sisi lain lulusan dari jurusan Administrasi Niaga kemungkinan besar akan
bekerja di sebuah kantor. Sangat aneh jika seorang yang bekerja di sebuah
kantor namun tidak mengetahui apa sebenarnya yang dimaksudkan dengan kantor.
Oleh karena itu makalah ini dibuat agar para pembaca dapat mengenal lebih jauh
istilah dari kantor itu sendiri.
1.2
Tujuan
Tujuan dibuatnya
makalah ini disamping memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Perkantoran juga diharapkan penyusun dan pembaca mampu menjelaskan istilah kantor, baik dalam arti dinamis maupun dalam arti
statis.
|
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Kantor
Secara etimologis kantor berasal dari Belanda: “kantoor”, yang maknanya: ruang tempat
bekerja, tempat kedudukan pimpinan, jawatan instansi dan sebagainya. Dalam
bahasa Inggris “office” memiliki
makna yaitu: tempat memberikan pelayanan (service), posisi, atau ruang tempat
kerja. Pengertian kantor juga dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :
1. Kantor dalam
arti dinamis merupakan proses penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan,
pengolahan, penyimpanan dan penyampaian/pendistribusian data/informasi atau
dapat pula dikatakan bahwa kantor dalam arti dinamis merupakan kegiatan
ketatausahaan atau kegiatan administrasi dalam arti sempit
2. Kantor dalam arti statis bisa
berarti ruang
kerja, kamar kerja, markas, biro, instansi, lembaga, jawatan, badan, perusahaan,
serta tempat atau ruangan penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan,
pengolahan, penyimpanan penyampaian/pendistribusian data/informasi. Selain
pengertian-pengertian tersebut, ada beberapa pengertian kantor secara statis
menurut beberapa ahli diantaranya yaitu :
a.
Menurut
Moekijat (1997:3), kantor adalah setiap
tempat yang biasanya dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tata usaha,
dengan nama apapun juga tempat tersebut mungkin diberikan.
b.
Prajudi
Atmosudirjo (1982:25),kantor adalah unit organisasi terdiri atas tempat, staf
personel dan operasi ketatausahaan guna membantu pimpinan.
c.
Kallaus
dan Keeling, office is a function where interdependent system of technology,
procedures, and people are at work to manage one of the firm’s most vital resources-information.
|
BAB III
KESIMPULAN
Kantor adalah proses atau ruangan
penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan dan
penyampaian/pendistribusian data/informasi atau dapat pula dikatakan sebagai
proses atau ruangan penyelenggaran kegiatan ketatausahaan atau kegiatan administrasi.
Jadi, tidak semua tempat kerja dapat dikatakan sebagai kantor karena telah kita
ketahui bahwa kantor adalah tempat atau proses yang menyelenggarakan
kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan diatas.
|
Daftar Pustaka
|
untuk makalah asli dapat di unduh di sini
Komentar
Posting Komentar