Pengertian Kantor



BAB I
PENDAHULUAN
1.1           Latar Belakang
Bagi seorang mahasiswa Administrasi Niaga istilah “kantor” merupakan istilah yang identik dengan jurusan ini sendiri, namun pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum memahami dengan jelas istilah dari kantor itu sendiri. Di sisi lain lulusan dari jurusan Administrasi Niaga kemungkinan besar akan bekerja di sebuah kantor. Sangat aneh jika seorang yang bekerja di sebuah kantor namun tidak mengetahui apa sebenarnya yang dimaksudkan dengan kantor. Oleh karena itu makalah ini dibuat agar para pembaca dapat mengenal lebih jauh istilah dari kantor itu sendiri.

1.2           Tujuan
Tujuan dibuatnya makalah ini disamping memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Perkantoran juga diharapkan penyusun  dan  pembaca mampu menjelaskan istilah kantor, baik dalam arti dinamis maupun dalam arti statis.

















1
 
 
BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Pengertian Kantor
Secara etimologis kantor berasal dari Belanda: “kantoor”, yang maknanya: ruang tempat bekerja, tempat kedudukan pimpinan, jawatan instansi dan sebagainya. Dalam bahasa Inggris “office” memiliki makna yaitu: tempat memberikan pelayanan (service), posisi, atau ruang tempat kerja. Pengertian kantor juga dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :
1.      Kantor dalam arti dinamis merupakan proses penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan dan penyampaian/pendistribusian data/informasi atau dapat pula dikatakan bahwa kantor dalam arti dinamis merupakan kegiatan ketatausahaan atau kegiatan administrasi dalam arti sempit
2.      Kantor dalam arti statis bisa berarti ruang kerja, kamar kerja, markas, biro, instansi, lembaga, jawatan, badan, perusahaan, serta tempat atau ruangan penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan penyampaian/pendistribusian data/informasi. Selain pengertian-pengertian tersebut, ada beberapa pengertian kantor secara statis menurut beberapa ahli diantaranya yaitu :
a.       Menurut Moekijat (1997:3), kantor adalah setiap tempat yang biasanya dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tata usaha, dengan nama apapun juga tempat tersebut mungkin diberikan.
b.      Prajudi Atmosudirjo (1982:25),kantor adalah unit organisasi terdiri atas tempat, staf personel dan operasi ketatausahaan guna membantu pimpinan.
c.       Kallaus dan Keeling, office is a function where interdependent system of technology, procedures, and people are at work to manage one of the firm’s most vital resources-information.



2
 
 
BAB III
KESIMPULAN
Kantor adalah proses atau ruangan penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan dan penyampaian/pendistribusian data/informasi atau dapat pula dikatakan sebagai proses atau ruangan penyelenggaran kegiatan ketatausahaan atau kegiatan administrasi. Jadi, tidak semua tempat kerja dapat dikatakan sebagai kantor karena telah kita ketahui bahwa kantor adalah tempat atau proses yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan diatas.














3
 
 
Daftar Pustaka
4
 
https://mukhtar17luthfy.wordpress.com/2012/08/13/pengertian-kantor/



untuk makalah asli dapat di unduh di sini 

Komentar

Postingan Populer